- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Magelang) Ratusan personel Babinsa mengikuti sosialisasi Pembinaan Kesiapan Aparatur Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil Puanter) di Gedung Prajurit Kodim Magelang, beberapa hari yang lalu.

Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Hendra Purwanasari dalam sambutannya mengatakan sistem Pertahanan Semesta merupakan strategi pertahanan negara Indonesia yang didukung oleh Komponen Utama, Cadangan dan Pendukung.

Komponen Utama yang diperankan oleh TNI khususnya gelar Komando Wilayah (Satuan Kowil) dalam menyelenggarakan pemberdayaan wilayah sesuai dengan amanat UU RI No. 34 tahun 2004 pasal 8 d, bahwa Angkatan Darat bertugas  “Melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan di darat”, yang direalisasikan melalui kegiatan Pembinaan Teritorial.

Oleh karena itu dalam rangka menghadapi kompleksitas permasalahan Binter pada saat ini, perlu dilaksanakan kegiatan pembinaan kesiapan untuk meningkatkan kemampuan Aparat Kowil di Satuan jajaran Kodim 0705/Magelang.

ads

Penyelenggaraan kegiatan pembinaan kesiapan Apwil dilaksanakan dengan memberikan materi meliputi : sikap teritorial, lima Kemampuan teritorial, metode binter dan materi tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan wilayah binaan berdasarkan kebijakan Pimpinan Satuan.

Sasaran yang ingin dicapai agar terpelihara dan meningkatnya kemampuan Aparat Kowil yang dapat berinteraksi dengan keadaan situasi dan kondisi masyarakat melalui kegiatan binter di wilayah. Kedua, terwujudnya mental, disiplin dan semangat aparat Kowil yang tangguh dan profesional, ketiga terpeliharanya integritas kepribadian sebagai prajurit pejuang dengan jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI dan 11 Azas Kepemimpinan.

Keempat, memahami situasi dan kondisi lingkungan, hubungan sosial masyarakat dan permasalahan, adat istiadat dan budaya yang ada di wilayah, kelima mengenal dengan baik Aparat Pemerintahan dan tokoh masyarakat yang ada di lingkungannya serta berpartisipasi dalam pelaksanaan Binter dan yang keenam adalah terwujudnya prajurit yang mengerti dan dapat menggunakan teknologi informasi dalam mendukung pelaksanaan tugas Binter.

Salah satu pemateri dari luar institusi TNI adalah Ir Tri Wardoyo yang merupakan Ketua Permadani Kabupaten Magelang. Dihadapan para peserta, Tri Wardoyo mengungkapkan pentingnya masyarakat sekarang untuk menggali dan melestarikan budaya, salah satunya adalah budaya Jawa.

Tri Wardoyo memberikan kiat-kiat bagi para babinsa tentang pengantar dalam Bahasa Jawa. Hal itu menjadi penting karena dalam tugas sehari-hari babinsa  akan selalu bersinggungan dengan masyarakat yang masih menggunakan dan mengagungkan Budaya Jawa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!