- iklan atas berita -

MetroTimes (Magelang) Koramil 16 Srumbung Kodim 0705/Magelang kembali memberikan pelatihan baris-berbaris (PBB) dan penanaman disiplin pada Satlinmas di wilayah binannya.

Serka Puji Supriyanto, Babinsa Koramil 16 Srumbung melatih satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) Desa Sudimoro di lapangan Desa Sudimoro, Jumat (15/12). Maksud dari kegiatan pelatihan adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yg persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Tugas dan fungsi linmas antara lain misalnya dalam penanggulangan bencana, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain itu satuan linmas juga harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Serka Puji Supriyanto dalam pengantar latihan mengatakan bahwa indikator suksesnya pelatihan linmas adalah meningkatnya kualitas SDM Linmas, menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, meningkatnya kesiap-siagaan Satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Mawardi, Danton Linmas Desa Sudimoro mengungkapkan, kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Desa Sudimoro untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas linmas di Desa Sudimoro. Peningkatan kemampuan dan kualitas sangat diperlukan oleh linmas, mengingat tugas-tugas linmas saat ini sudah semakin kompleks. Materi latihan yang sangat mendasar menurut Mawardi adalah latihan kekdisiplinan.

ads

Danton Linmas Desa Sudimoro, Mawardi mengatakan,

“Latihan kedisiplinan merupakan kunci untuk mencapai kesuksesan dan keberhasilan”terang Mawardi.(Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!