- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) Kegiatan Pembukaan Upacara Patroli Bersama di lakukan Oleh Bakamla RI dan berlangsung di Pangkalan Gapurla Koarmada Iii Tawiri Kota Ambon Rabu 20 Maret 2024.

Hadir dalam kegiatan Pembukaan Patroli Bersama Gubernur Maluku . Forkapinda Maluku. Deputi bidang operasi pencarian dan pertolongan dan kesiap siagaan, Basarnas. Deputi Iii bidang koordinasi dan HAM, pangkoarmada IIi , Airud , KPLP dan unsur lainnya yang berkepentingan dalam melakukan kegiatan Opersa Keamanan di laut.

Dalam arahannya, Kepala Bakamla RI Laksamana Madya (Laksdya) TNI Dr. Irvansyah menyampaikan, patroli bersama tahun 2024 ini akan dilaksanakan selama 100 hari ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan, keselamatan dan penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia serta mewujudkan sinergitas antar instansi keamanan laut dan maritim.

Patroli bersama tahun 2024 ini dilakukan secara serentak di tiga zona maritim yakni Zona Maritim Barat, Zona Maritim Tengah, dan Zona Maritim Timur yang meliputi Perairan Papua Barat, Laut Banda, dan Laut Arafura,” jelas Irvansyah.

Dikatakan, dalam Patroli bersama tahun 2024 ini melibatkan puluhan unsur yang dikerahkan dari instansi terkait, antara lain TNI AL, Korps Polairud Baharkam Polri, Ditjen PSDKP, KKP, Ditjen Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan, dan Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, dengan target patroli meliputi aspek pelanggaran wilayah, pemanfaatan sumber daya alam, penangkapan ikan secara ilegal, kejahatan lintas negara terorganisir yang melewati batas negara dan dilakukan di suatu negara, tindakan kekerasan di laut, dan tindak perusakan lingkungan dan ekosistem laut.

Diharapkan dalam melakukan kegiatan Patroli ini  tetap melakukan komunikasi dan koordinasi, samakan persepsi, pola pikir dan pola tindak, serta perhatikan keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas, patuhi norma dan kaidah peraturan perundang-undangan yang berlaku.

ads

Kegiatan patroli bersama akan berjalan lancar guna memperkuat upaya pengamanan dan penegakan hukum di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia, serta memberikan efek terhadap segala aktivitas illegal di laut. Ucapnya. ( SMT )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!