- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Bupati Agus Bastian SE MM menerima kunjungan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel didampingi Pangdam IV/Diponegoro Jawa Tengah Mayjen TNI Mochamad Efendi, di Command Center Diskominfo Kabupaten Purworejo. Kunjungan dalam rangka pemantauan keamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) itu, salah satunya merninjau ruang Command Center di komplek Setda pada sore ini Kamis (26/12).

Bupati mengatakan, Command Center sangat membantu untuk pengamanan di sejumlah titik diwilayah Kabupaten Purworejo. Command Center dilengkapi dengan kamera Closed Circuit Television (CCTV) yang ditempatkan lokasi-lokasi tertentu, sehingga akan mudah memantau.

Kapolda mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Purworejo telah memiliki Command Center, yang memiliki sarana lengkap sehingga dalam memantau informasi terkait situasi bisa lebih cepat. “Bahkan mungkin, anggota polisi bisa memantau lalu lintas dari sini saja,” kata Kapolda sambil bercanda.

Plt Kadinas Kominfo Purworejo Stefanus Aan menjelaskan, keberadaaan Command Center sebagai pusat komando untuk melihat situasi di wilayah kabupayten Purworejo. “Terdapat 30 titik kamera CCTV yang bisa dipantau di seluruh wilayah Purworejo, ditambah satu kamera di Alun-alun Purworejo,” jelasnya.

Dikatakannya, selain bisa mengenali wajah, kecanggihan kamera-kamera cctv tersebut, juga bisa mendeteksi dan melacak nomor polisi kendaraan yang melintas serta ke mana saja rute kendaraan. CCTV itu juga mampu merekam secara otomatis dengan resolusi tinggi selama 1,5 bulan. Jika resolusi diturunkan, lama rekamnya bisa mencapai tiga bulan.

ads

“Ada tiga tipe kamera yang digunakan, yaitu tipe kamera yang bisa memutar 360°, kamera pengenal wajah (recognize face) dan kamera yang hanya dipergunakan untuk memantau situasi, terhubung dengan kamera milik Dinas perhubungan,” katanya.

Kunjungan Kapolda dan Pangdam yang langsung mengendarai motor sendiri dengan dikawal beberapa anggota kepolisian tersebut, diawali pemantauan keamanan di Gereja Santa Maria Purworejo yang dilanjutkan ke Command Center. Sekitar 15 menit di Command Center Kapolda beserta romobongan menuju wilayah Kebumen melalui jalan deandels. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!