Bupati Kendal Ziarah ke Makam Kemangi

0
1256
- iklan atas berita -

 

Metro Times Kendal – Tepat di Hari Lahir Kendal ke 415, Bupati Kendal Mirna Annisa bersama dengan jajaran Forkompinda berziarah ke makam Tumenggung Rajekwesi (Ki Gede Kemangi) yang berlokasi di Kemangi Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung, Selasa (28/07/2020).

Tumenggung Rajekwesi sendiri merupakan salah satu Tumenggung dari Mataram yang ikut membantu Tumenggung Bahurekso Kendal saat menyerang para penjajah Belanda.

Selain memiliki ilmu kanuragan yang tinngi, Tumenggung Rajekwesi juga memiliki ilmu kebatinan yang kuat, sehingga diberi amanah oleh Tumenggung Bahurekso Kendal yang kala itu menjadi Panglima Perang Kerjaan Mataram untuk memimpin rapat rahasia 27 Tumenggung Mataram dalam menyusun strategi penyerangan ke Batavia.

Mirna mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud penghormatan kepada para pendiri dan pembesar Kabupaten Kendal.

ads

“Pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal, kami selalu melakukan doa bersama sebagai wujud penghormatan atas jasa-jasa para pejuang, pendiri, dan pembesar Kabupaten Kendal terdahulu,” ujarnya.

Bupati Mirna juga berharap, agar makam- makam para pembesar Kabupaten Kendal ini harus diuri-uri sebagai wujud dan bukti nyata perjuangan para tokoh Kabupaten Kendal memiliki sejarah yang luar biasa dalam perjuangan mengusir para penjajah, sehingga dari sejarah inilah generasi muda akan memiliki semangat yang tinggi dan memiliki karakter yang kuat untuk cinta terhadap tanah air kelahirannya.

Turut serta dalam ziarah ke makam Kemangi Ketua DPRD Kendal H. Muhammad Makmun beserta Wakil Ketua DPRD Kendal, Dandim Kendal, Kapolres Kendal, Kajati Kendal dan forkompimcam Kangkung serta kades Jungsemi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kendal, H Muhammad Makmun, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Di lain pihak, politisi PKB ini meminta pemerintah kabupaten melalui gugus tugas untuk mengambil beberapa langkah strategis untuk menekan penyebaran virus corona yang kian hari terus mengalami peningkatan.

“Ziarah ke makam salah satu leluhur kabupaten Kendal di Kemangi ini selain untuk memanjatkan doa kepada para sesepuh Kendal, juga sekaligus untuk mengingatkan kita akan perjuangan dan pengabdian orang-orang terdahulu,” terangnya.

Kyai Kasturi selaku ulama setempat dan juga selaku juru kunci makam memimpin doa bersama dalam kegiatan ziarah kali ini.

Usai berziarah, acara dilanjutkan dengan tasyakuran. Bupati Kendal dalam kesempatan tersebut berkesempatan untuk memotong tumpeng kemudian diberikan kepada sang juru kunci makam, Kyai Kasturi.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!