Camat Kangkung Apresiasi Ansor Dan Banser Resik-resik Kali

0
954
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal) Camat Kangkung, Ardhi Prasetyo, mengapresiasi kegiatan Resik-resik Kali, Ansor Peduli Lingkungan yang digelar di sepanjang sungai irigasi Desa Kadilangu sampai Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Jumat (11/10/2019).

Gerakan resik-resik kali (Bersih-bersih sungai) yang dimotori oleh PAC Ansor Kangkung diikuti puluhan kader Ansor dan Banser bersama personil TNI, Polri dan relawan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kepedulian terhadap lingkungan perlu ditanamkan di masyarakat sebagai langkah pencegahan dari kerusakan dan bencana,” kata Ardi.

Ia juga mengatakan, pemerintah saat ini sedang memperbaiki senderan sungai irigasi yang sangat vital untuk masyarakat Kangkung yang sebagian besar hidup dari pertanian.

ads

“Mari kita jaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah ke sungai,” ajaknya pada masyarakat Kangkung.

Muhaimin, kordinator gerakan resik-resik kali mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Ansor dan Banser terhadap lingkungan.

“Sungai sebagai sarana irigasi perlu dijaga kebersihannya. Kalau sungai bersih, irigasi jadi lancar, enak dipandang mata. Sungai yang bersih itu juga cermin dari masyarakat yang sehat,” tandasnya.

Gerakan resik-resik kali sendiri dimulai sejak pukul 07.00 pagi mulai dari Desa Kadilangu, Gebanganom Wetan, Laban, Kangkung dan berakhir di Karangmalang.

Berbagai sampah yang dipunguti dari sungai dikumpulkan di beberapa titik. Sampah tidak dibakar untuk menghindari polusi udara mengingat sungai berada di tepi jalan dan perkampungan warga.

Sampah yang sudah dikumpulkan selanjutnya diangkut ke TPS.

Moh Romadhon, Ketua PAC Ansor Kangkung selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan, dalam gerakan resik-resik kali pihaknya bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Sumderdaya Air (PUSDA) Bodri Kuto yang menerjunkan 25 personil Korpakla.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga didukung oleh Forkompincam dan jajaran pemerintah desa di Kecamatan Kangkung, relawan dari CBP dan KPP IPNU, LazisNU, dan komunitas peduli lingkungan Forekelik Kendal.

“Kegiaatan bhakti sosial ini bukan pertama kali ini kami lakukan. Kami punya agenda rutin bersih-bersih pantai di Jungsemi, dan juga kegiatan sosial lain yang diperlukan di masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, terpisah Ketua PC Ansor Kendal, Muhammad Ulil Amri menerangkan kegiatan serupa juga dilakukan pengurus dan kader Ansor di kecamatan lainnya. Selain giat peduli lingkungan.

Ia juga menambahkan, kader Ansor dan Banser saat ini sedang bahu membahu bersama warga di Johorejo, Gemuh dan Kebondalem, Kota Kendal, untuk membantu korban kebakaran.

“Kader Ansor dan Banser itu bukan hanya milik organisasi saja, tapi juga punya tanggungjawab sosial. Sekecil apapun yang kami kerjakan, semoga bisa memberi manfaat untuk masyarakat sekitar,” tegas Ulil.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!