- iklan atas berita -

Metro Times (Salatiga) Sekretariat Bersama (Sekber) Insan Pers Jawa Teangah (SEKBER IPJT) hadir sebagai Organisasi yang memiliki Militansi, Komitmen dan Konsistensi yang tinggi dalam hal soliditas dan solidaritasnya. Betapa tidak, dengan berdirinya Sekber IPJT bisa dikatakan bahwa hampir seluruh media baik Cetak mapun Elektronik bergabung di sini, mengapa demikian ? karena Sekretariat Insan Pers Bersama (SEKBER IPJT) dianggap oleh sebagian kalangan, khususnya para pelaku media, Jurnalis mampu mengemban amanat dan mengakomodasi semua kepentingan, para jurnalis, pelaku pers dan Industri Pers.

Walaupun Sekber IPJT dalam sisi usianya yang relatif masih muda, namun Sekber IPJT telah mampu menunjukkan jatidirinya serta kemampuannya dalam rangka mengakselerasi program-programnya baik itu bersifat kemitraan maupun melaksanakan fungsi sosial kontrolnya, dan yang tidak kalah pentingnya bahwa Sekber IPJT selalu berusaha menjadi organisasi yang tangguh, beradab serta berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945. Inilah semangat yang perlu kita kejar untuk dapat meraih predikat sebagai organisasi besar modern, demokratis yang ada di Jawa Tengah ini.

Dalam pengertian Organisasi yang di bentuk dan di design sebagai organisasi yang demokratis yang memiliki kesamaan VISI dan MISI yang sama dengan SEKBER INSAN PERS JAWA TENGAH untuk melangkah menuju Organisasi yang Modern dengan Konsekwensi secara terus menerus melakukan pembenahan baik struktur di tingkat Kabupaten/Kota maupun di tingkat Provinsi, sehingga diharapkan SEKBER INSAN PERS JAWA TENGAH akan menjadi Organisasi yang kredibel, akuntabel dan Ideal.

SEKBER INSAN PERS JAWA TENGAH berdiri tanggal 23 Februari 2019, dimana sekarang ini terdapat kurang lebih 169 Cetak dan Elektronik yang sudah tergabung dari berbagai Media dan beberapa Asosiasi Wartawan baik di tingkat Kabupaten/Kota maupun Tingkat Jawa Tengah, sehingga SEKBER INSAN PERS menjadi Raw Model dalam pengembangan dan Peningkatan Kapasitas Anggotanya.

Beberapa hal yang sudah dan akan dilaksanakan SEKBER IPJT baik program jangka Pendek, Menengah maupun Panjang adalah Sebagai berikut :
– Media Bulan Maret 2019 mengadakan Audiensi dengan Komisi Informasi Publik, dengan harapan bahwa dengan mengetahui aturan terkait Undang – Undang No.14 tahun 2008, termasuk bagaimana mekanisme mengajukan Permohonan Informasi Publik.
– Media Bulan Mei 2019 mengadakan Audiensi dengan BPN [Provinsi Jawa Tengah, dengan Tujuan melakukan Edukasi dan Pencerahan terkait dengan Konteks dan Konten dari Undang – Undang Pokok Agraria (UU No.5 Tahun 1960).
-Media Bulan Juni mengadakan Audiensi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Jawa Tengah Output yang kita terima adalah terkait peran serta media dalam pencegahan Bencana (Litigasi Bencana).
– Tanggal 28 Agustus menghadiri Undangan dari Badan Pengurus IPJT Magelang Raya untuk ikut serta memberikan dukungan dan Partisipasi COFFEE MORNING YONARMED 11 KOSTRAD “GUNTUR GENI“ Kota Magelang.
– Tanggal 7 September 2019 Deklarasi SEKBER IPJT Pekalongan Raya yang dilaksanakan di Eks Pendopo Bupati Pekalongan dan sangat Sukses Pelaksanaan acara tersebut yang dihadiri kurang lebih 125 Undangan. Deklarasi dan Pelantikan SEKBER IPJT Pekalongan Raya ini adalah Deklarasi Pertama dan hal telah menjadikan Entry Point serta Tolok Ukur Deklarasi – Deklarasi lain di Kabupaten/Kota Lainnya SEKBER IPJT di seluruh Jawa Tengah.
– Tanggal 19 Oktober 2019 Deklarasi dan pelantikan SEKBER IPJT Kab. Sragen, Kab. Sukoharjo, Kab. Semarang, dan Kota Salatiga. Penggabungan ini lebih menigkatkan kekompakan dan keguyuban di beberapa Pengurus SEKBER IPJT di 4 Wilayah, yang dimotori oleh Badan Pengurus SEKBER IPJT Kota salatiga, dimana dalam acara ini juga akan mengedukasi para anggota, masyarakat dengan mengadakan Penyuluhan Hukum Tentang UU No. 40 Tahun 1999 (Tentang PERS), dan UU Perlindungan Perempuan dan Anak (UU NO.35 tahun 2015).
-Tanggal 15 November 2019 Deklarasi dan Pelantikan SEKBER IPJT Kabupaten Grobogan, yang juga dilaksanakan di Pendopo Bupati Grobogan dimana dalam kegiatan tersebut juga ada kegiatan tentang (SOSIALISASI PERPRES N0.16 TAHUN 2018) Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah .
-Tanggal 23 November 2019 Deklarasi dan Pelantikan SEKBER IPJT Badan Pengurus Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal yang akan dilaksanakan Pendopo Bupati Batang, dimana dalam kegiatan tersebut juga akan diadakan SOSIALISASI PERPRES NO.16 TAHUN 2018 (Tentang Pengadaan Barang dan jasa Pemerintah).
-Tanggal 7 Desember 2019 Deklarasi dan Pelantikan SEKBER IPJT Kabupaten JEPARA juga ada kegiatan SOSIALISSI PERPRES NO.16 TAHUN 2018 (Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah) dilaksanakan di Pendopo Bupati Jepara setelah SEKBER IPJT PROVINSI akan mengadakan Musyawarah Kerja Daerah MUSKERDA) di Bungalo Bandengan Jepara
-Tanggal 7 s/d 8 Desember 2019, membahas dan menyempurnkanan AD/ART serta melakukan RESTRUKTURISASI.
-Sedangkan di puncak kegiatan di akhir tahun akan diadakan di Magelang tepatnya tanggal 18 Desember 2019 Seminar Tentang Hari Korupsi Dunia dan tanggal 19 PRA UKW, tanggal 20 – 21 di selenggarakan kegiatan UKW. Tentunya ini adalah acara yang cukup komplek dan dibutuhkan kerjasama semua Element.

ads

Dengan dasar pemikiran tersebut diatas, SEKBER IPJT akan terus memberikan energi tersendiri dan berkontribusi bagi para anggotanya, Negara dan Bangsa Indonesia dan kami pun akan mempertankan Kredibilitas serta Akuntabilitas Organisasi ini baik sekarang ataupun di masa yang akan datang.

Sebagai ucapan terima kasih, Pers Release ini kepada :
KETUA PANITIA :
Susilo Haryadi (Selaku Koord. Jateng 2)
KETUA UMUM :
Suwondo
SEKRETARIS JENDERAL :
Mochammad Safik (Team IPJT PML)

Salatiga, 11 Oktober 2019

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!