- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Berbagai kegiatan akan digelar dalam acara Festival WR Soepratman di daerah sang komponis di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Gelaran itu merupakan rangkaian acara dalam rangka memperingati hari lahir pahlawan nasional sekaligus penggubah lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ itu.

Wage Rudolf Soepratman lahir pada 19 Maret 1903 di Dusun Trembelang, Desa Somongari, Kaligesing, Purworejo. Setiap tahun, di daerah asalnya itu digelar berbagai acara untuk memperingati hari kelahirannya.

Tahun ini, puncak festival akan diadakan pada Sabtu (24/3) di area Amphi Theatre, Alun-alun kota Purworejo, dari pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB dalam acara ‘Simfoni Anak Negeri’. Beragam hiburan yang dibingkai dalam tajuk ‘Unity and Harmony’ melibatkan banyak talenta seni dari Purworejo dan sekitarnya.

Sebelumnya telah dilaksanakan beberapa acara, di antaranya konser ‘KLA Project tribute to WR Soepratman’, kenduri, gelar seni, fun walk dan lain-lain. Puncaknya kita laksanakan ‘Simfoni Anak Negeri’,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo, Kamis (22/3).

Meski acara dilaksanakan sejak pagi hingga malam hari, rencana penutupan jalan dan rekayasa lalu lintas baru akan dilakukan sekitar pukul 18.30 WIB hingga acara selesai. Pengendara dari arah selatan yang melintasi Jalan Mayjen Sutoyo akan dibelokkan ke kiri melalui samping LP Purworejo, tembus Jalan Sarwo Edhie Wibowo dan Jalan Kartini.

ads

“Yang datang dari arah selatan di Jalan Urip Sumoharjo nantinya juga akan diarahkan jadi satu melalui jalan Mayjen Sutoyo. Jalan di seputaran acara akan ditutup sementara karena akan dijadikan kantong parkir,” ungkap Agung.

“Dengan festival ini, semoga sejarah bisa semakin lurus kalau WR Soepratman itu lahir di Purworejo. Dari acara-acara tersebut juga diharapkan Purworejo lebih dikenal secara nasional dan internasional, sekaligus mendukung program Romansa Purworejo 2020,” jelasnya (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!