Ketua DPKS Dr Drs Budiyanto SH, M.Hum (Tengah) saat menyampaikan pandanganya pada acara Rakornas III Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota se-Indonesia di hotel Arya Duta Makassar, Kamis (12/9/2024).
- iklan atas berita -

MAKASSAR, metrotimes.news – Dewan Pendidikan Kota Semarang (DPKS) mengirimkan lima orang pengurusnya untuk mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) III Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota se-Indonesia yang berlangsung di hotel Arya Duta Makassar, Rabu -Jum’at (11-13/9/2024).

Ketua DPKS Dr Drs Budiyanto SH, M.Hum mengatakan, rakornas III membahas berbagai isu-isu strategis tentang kualitas dan mutu layanan pendidikan terhadap masyarakat dan belum maksimalnya sinergitas antara pemegang otoritas di bidang pendidikan dengan dewan pendidikan di berbagai daerah di tanah air.

“Masih adanya kesenjangan komunikasi antara Dewan Pendidikan sebagai wadah yang merepresentasikan partisipasi masyarakat dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan layanan kualitas dan mutu pendidikan dengan pemegang otoritas selama ini belum terjembatani,” kata Budiyanto disela mengikuti rakornas, Kamis (12/9/2024).

Menurutnya, problem itu menjadi salah satu topik utama yang dibahas dalam rakornas III, dalam rakornas sebelumnya, yakni Rakornas I di Solo (2022) dan rakornas II di Cirebon Jawa Barat (2023) topik itu juga menjadi agenda pembahasan namun setelah dievaluasi atas berbagai upaya realisasi menyelesaikan persoalan pasca dua rakornas, masih dipandang perlu untuk dimaksimalkan lagi.

Karena itu, lanjutnya dalam rakornas III masalah ini tetap dimasukkan dalam agenda pembahasan, mengingat sinergitas dan komunikasi yang harmonis antara Dewan Pendidikan dengan kepala daerah menjadi kunci utama dalam membangkitkan semangat partisipasi masyarakat untuk memajukan pendidikan.

ads

Budiyanto menambahkan, karena itu topik ini kembali diangkat agar realisasinya dapat lebih maksimal dan merata di seluruh daerah di tanah air. Sebelum memasuki arena pembahasan, sejumlah 225 peserta rakornas memperoleh input dari beberapa narasumber yang dilanjutkan dengan dialog.

Para narasumber itu diantaranya; Prof Zainudin Maliki (Komisi X DPRI), Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (Universitas Negeri Makassar) Prof Saman, Ph.D, Dr Imran ST, MT ( Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan) dan Staf Ahli komisi VIII DPR RI, Harja Saputra,MA.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Budi, dalam rakornas III DPKS mengirimkan lima utusan yang dipimpin langsung Ketua DPKS Dr Drs Budiyanto, SH, M.Hum dan empat anggota yakni Setya Budi, S.Pd, MM, Drs Sutarto, M.Pd, Drs Imam Hidayat, M.Pd dan Syamsul Huda S.Sos, M.Si.

Isu-isu strategis terkait pendidikan dari waktu ke waktu terus bergulir, keterbatasan pemerintah dalam mengatasi berbagai problem dasar pendidikan menjadikan masyarakat yang peduli pendidikan terpanggil untuk berpartisipasi.

“DPKS merespon hal itu, dan upaya-upaya yang kami tempuh dalam membantu Pemda memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan bermutu kepada masyarakat Semarang kami sampaikan dalam rakornas, termasuk kendala-kendala yang kami hadapi,” pungkasnya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!