- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Sebanyak 50 Personil Korum dan 300 Persatuan Istri Tentara (Persit) KCK Ranting 3 Yonif Mekanis Raider 412/BES Purworejo dimotivasi untuk dapat memperkuat kemampuan komunikasinya. Motivasi diberikan oleh motivator nasional, Dr Drs Aqua Dwipayana MIKom, dalam acara Ceramah Motivasi di Gedung Pertemuan Bharata Yonif Mekanis Raider 412/BES, Rabu (24/7).

Dalam ceramahnya, Aqua Dwipayana menyebut bahwa komunikasi menjadi faktor penting penunjang kesuksesan hidup. Hal itu mengingat komunikasi mendominasi aktivitas manusia. Bahkan, mencapai sekitar 80 persen.

“Kalau mau sukses dalam hidup, perkuat kemampuan komunikasi,” tegasnya.

Diungkapkan, komunikasi itu mencakup banyak hal. Bagi seorang prajurit TNI dan Persit, komunikasi yang baik harus dimulai dari lingkup keluarga, masyarakat, organisasi, hingga kesatuan.
“Dalam konteks komunikasi, laksanakan 5 komunikasi efektif yang intinya mengajak orang untuk memahami dan melaksanakan apa yang kita inginkan,” ungkapnya.

ads

Pada bagian lain, Aqua Dwipayana juga memotivasi personel Korum dan Persit agar mau selalu bersyukur atas apa yang dimiliki dan mau melakukan kebaikan terhadap sesama. Lebih dari itu, menjaga nama institusi dan dapat menjadi teladan bagi masyarakat luas.

“Kita harus bersyukur dan bangga karena TNI ini menjalankan tugas mulai untuk Negara. Kita kerja di institusi kredibel dan diakui oleh dunia luar, di semua Negara tentara ada dan sangat dihormati,” jelasnya.

“Kita juga harus bisa menjaga nama baik batalyon ketika berada di luar. Mulai dari hal-hal kecil, misalnya saat mengendarai motor harus memakai helm, jangan mentang-mentang anggota TNI, jadi punya aturan yang berbeda,” imbunya mendandaskan.

Sementara itu, Kakorum Yonif MR 412/BES Purworejo, Kapten Inf Cermo Wijaya, menyebut ceramah motivasi penting dilakukan untuk mendukung personel TNI dalam menjalankan tugas utamanya yakni menjaga NKRI. Motivasi untuk memperkuat kemampuan komunikasi juga sangat penting bagi istri prajurit yang tergabung dalam Persit mengingat hal itu menjadi kunci keharmonisan keluarga dan bermasyarakat.

“Kalau untuk personelnya yang mengikuti ada 50 orang, karena personel kita lagi tugas di Puncak Jaya Papua, dan untuk Persit ada sekitar 300 orang,” sebutnya.

Dijelaskan, sejak 30 Agustus 2018 sebanyak 450 personel Batalyon MR 412/BES Purworejo menjalankan tugas dan bergabung dalam Satgas Pamrahwan RI-PNG di puncak Jaya Papua. Mereka dijadwalkan akan tiba di Purworejo pada awal Agustus 2019 ini. Satgas dipimpin langsung oleh Danyonif MR 412/BES/6/2 Kostrad Purworejo, Kolonel Inf Eko Bintara Saktiawan.

“Sekrang ini mereka dalam perjalanan pulang menuju Ambon. Nanti setelah tiba di Ambon baru bisa kita pastikan kapan sampai Purworejo. Perkiraannya ya sekitar tanggal 5 sampai 10 Agustus besok,” jelasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!