- iklan atas berita -

 

Metro Times (Purworejo) Dalam memperingati Hari Jadi ke-188 Tahun Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang jatuh pada tanggal 27 Februari 2019, pada hari ke ke tiga, di gelar Parade Budaya Pawai Iring-iringan atau Kirab di Alun-alun Purworejo, Jawa Tengah, dengan jarak tempuh kirap 3,5 Km. Di awali dengan Tampilnya GSCL (Genderang Suling Cangka Lokananta) dari Akademi Militer Magelang, dengan Komandan Kontingennya Danyontar Madya Letkol Inf Beni Wahyudi. Acara tersebut di mulai pukul 14.00 s.d 17.00 wib, dengan Jumlah Taruna 168 (9 Taruni, dan 159 Taruna) sebagai Penata Rama Sermadatar Dino, Sabtu (02/03/19).

Acara ini di hadiri Bupati Purworejo H Agus Bastian, S.E., M.M, Ketua DPRD Purworejo Ir Luhur Pambudi, Wakil Bupati Purworejo Yuli Astuti, S.H, Dandim Purworejo Letkol Inf Gasim, S.H., M.Si, dan Kapolres Purworejo Drs Said Ramadan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Agung Wibowo, A.P, menjelaskan, ada 3 agenda utama yang telah berlangsung Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo. Kegiatan tersebut akan di helat pada Februari hingga Maret 2019 mendatang.

“Ketiga agenda utama tersebut bisa dinikmati oleh warga masyarakat Purworejo. Akan tetapi ada beberapa prosesi lain sebelum acara dilaksanakan, yakni ziarah ke Makam RAA Cokronegoro I di Bulus, Kecamatan Gebang dan beberapa kegiatan pendukung lainnya”, ungkapnya.

ads

Agenda diawali dengan kegiatan Jumenengan RAA Cokronegoro I sebagai Bupati Purworejo pertama. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2019 malam. Dilanjutkan dengan Sendratari Jumenengan.

“Acara Jumenengan yang sebelumnya di gelar di Pendopo Kabupaten Purworejo. Pada acara kali ini pindah lokasinya, ke Jalan Setyabudi. Hal itu dilakukan agar warga masyarakat bisa lebih leluasa dalam menikmati sajian tersebut,” jelas Agung menandaskan.

Agung juga menambahkan, untuk agenda kedua adalah Parade Budaya, yaitu menurunkan grup Marching Band GSCL (Genderang Suling Cangka Lokananta) Akademi Militer (AKMIL) Magelang yang digelar tanggal Sabtu 2 Maret 2019. Kemudian acara dilanjutkan dengan Parade Kereta Kencana, yang antara lain akan menurunkan Kereta Kencana, yang ada di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo serta meminjam Kereta Kencana dari Yogyakarta.

“Dalam Agenda Parade Budaya tentunya banyak mengundang perhatian warga masyarakat Purworejo, untuk menyaksikan kegiatan yang melibatkan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Jajaran Pemerintah Kabupaten Purworejo. Untuk kepala dinas naik dokar, sedangkan Camat menunggang kuda sebagai manggalayuda yang akan memimpin satu bregodo pasukan pengiring” ujarnya.

Untuk agenda yang ketiga akan digelar pada tanggal Minggu, 3 Maret 2019. Dengan kegiatan jalan sehat, yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Purworejo. Kegiatan itu merupakan puncak acara, peringatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo.

”Kami berharap acara tersebut akan berjalan dengan sukses,” jelasnya. (Pen/Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!