- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Hasil pendaftaran Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) tercatat sebanyak 4,67 juta usaha / perusahaan non pertanian yang dikelompokkan dalam 15 kategori lapangan usaha sesuai dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2015, meningkat 10,94 persen dibandingkan dengan hasil Sensus Ekonomi 2006 (SE06) yang berjumlah 4,21 juta usaha / perusahaan. Bila dibedakan menurut skala usaha, 4,61 juta usaha / perusahaan (98,64 persen) berskala Usaha Mikro Kecil (UMK) dan 0,06 juta usaha / perusahaan (1,36 persen) berskala Usaha Menengah Besar (UMB).

Hasil pendaftaran SE2016 menunjukkan bahwa jumlah usaha / perusahaan menurut lapangan usaha, didominasi oleh lapangan usaha perdagangan besar dan eceran sebanyak 2,08 juta usaha / perusahaan atau 44,58 persen dari seluruh usaha / perusahaan yang ada di Jawa Timur.

Jumlah tenaga kerja menurut lapangan usaha, sejalan dengan jumlah usaha / perusahaan yaitu didominasi oleh lapangan usaha perdagangan besar dan eceran sebanyak 4,30 juta tenaga kerja atau 29, 98 persen dari seluruh tenaga kerja yang ada di Jawa Timur.

Sebaran jumlah usaha / perusahaan antar Bakorwil secara umum menunjukkan bahwa sebanyak 1,62 juta usaha / perusahaan berada di Bakorwil III atau 34,76 persen terhadap jumlah usaha / perusahaan di Jawa Timur.

SE2016 merupakan kegiatan yang berskala besar sehingga pelaksanaannya dilakukan secara bertahap. Kegiatan pendaftaran usaha / perusahaan yang dilakukan pada tahun 2016 merupakan tahap awal dari SE2016. Berdasarkan hasil pendaftaran tersebut diperoleh kerangka sampel usaha / perusahaan berskala mikro dan kecil, serta direktori usaha / perusahaan berskala menengah dan besar.

ads

Pada tahun akan dilaksanakan kegiatan SE2016 lanjutan, berupa pendataan rinci terhadap UMK dan UMB. Pencacahan terhadap UMK akan dilakukan secara sampel, sedangkan untuk UMB dilakukan secara lengkap kecuali kategori G (Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor) sesuai dengan direktori usaha / perusahaan berskala menengah dan besar. Pencacahan ini dilakukan untuk memperoleh informasi yang lebih rinci mengenai struktur ketenagakerjaan, struktur permodalan, struktur biaya dan produksi, prospek usaha dan lainnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!