- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Menjelang persiapan pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun 2017, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian kembali menyelenggarakan pengangkutan Motor Gratis (Motis) bagi para pemudik yang menggunakan kereta api (KA) pada lebaran tahun 2017. Waktu pelaksanaan Motis tahun 2017 dengan menggunakan moda transportasi KA dibagi menjadi 2 tahapan, yaitu :

 

1. Masa pendaftaran peserta Motis, yang terdiri atas :

  • Pendaftaran secara online melalui situs mudikgratis.dephub.go.id yang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2017 s/d 14 Juni 2017 ;
  • Pendaftaran langsung motor pada Stasiun ditunjuk yang dilaksanakan pada tanggal 16 Februari s/d 16 April 2017 ;
  1. Pada tahapan ini para peserta motis 2017 akan difasilitasi untuk dapat memesan tiket KA Penumpang, baik itu KA Ekonomi PSO maupun KA Ekonomi non PSO serta KA Tambahan sampai hari ke-30 (tiga puluh) penjualan KA Tambahan.
  2. Pendaftaran langsung motor yang tidak difasilitasi pemesanan tiket pada Stasiun ditunjuk yang dilaksanakan pada tanggal 17 April s/d 5 July 2017
  3. Pendaftaran langsung motor untuk arus balik pada Stasiun persinggahan KA Motis di daerah – daerah yang dilaksanakan pada tanggal 16 Mei s/d 5 July 2017.

 

3. Masa pengangkutan motor peserta Motis, yaitu :

ads
  • Untuk arus mudik akan dilaksanakan selama 6 hari dimulai dari tanggal 18 s/d 23 Juni 2017 ;
  • Untuk arus balik akan dilaksanakan selama 7 hari dimulai dari tanggal 29 Juni s/d 5 July 2017.

 

Pada tahun ini, angkutan motor gratis di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya akan dilayani di tiga Stasiun, yaitu Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Babat dan Stasiun Bojonegoro. Sementara itu, stamformasi /rangkaian KA barang yang akan dioperasikan untuk mengangkut sepeda motor peserta Motis tahun 2017 terdiri atas 8 gerbong. Masing masing gerbong berkapasitas 58 motor, dengan kapasitas angkut 1 KA barang sebanyak 464 motor. Masing masing lintas layanan akan dioperasikan 1 KA barang, sehingga total kapasitas angkut  KA barang dalam satu hari sebanyak 1.392 sepeda motor. Sehingga selama penyelenggaraan Motis tahun 2017 yang berlangsung selama 13 hari, kapasitas sepeda motor yang dapat diangkut oleh KA Barang tersebut sebanyak 18.096 sepeda motor.

 

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi pada penyelenggaraan Motis tahun 2017 ini dapat mendaftar serta melengkapi berbagai persyaratan dan ketentuan pada situs mudikgratis.dephub.go.id ataupun pada stasiun-stasiun yang telah ditunjuk. Penyelenggaraan angkutan Motis tahun 2017 ini merupakan fokus kerja Kementerian Perhubungan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya yang disebabkan oleh pemudik dengan menggunakan sepeda motor guna mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang disebabkan oleh sepeda motor pada saat Penyelenggaran Angkutan Lebaran Tahun 2017. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!