- iklan atas berita -
Metro Times (Semarang) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 81 Posko 10 UIN Walisongo Semarang melakukan aksi penanaman pohon di 6 dusun Desa Karanganyar, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang pada hari Kamis (26/10). Pelaksanaan kegiatan ditujukan untuk menggalakkan konservasi lingkungan hidup di Desa Karanganyar.

Salah satu anggota Divisi Kesehatan dan Lingkungan Posko 10 KKN UIN Walisongo, Aghnia Rahmi menuturkan, terdapat sebanyak 275 bibit pohon yang diperoleh melalui kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Balai Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan (BSPTH) Kabupaten Semarang, rinciannya adalah bibit sengon sebanyak 25 pohon merupakan hasil kolaborasi dengan DLH. Sementara, 250 bibit lainnya didapatkan dari BSPTH.
Dari bibit pohon yang didapatkan pihak itu, setiap dusun akan mendapatkan 30 bibit pohon dengan lima macam tanaman, yaitu sengon, jati, mahoni, kayu putih, dan durian. “Kami dari Divisi Kesehatan dan Lingkungan melihat ada potensi lahan kosong milik dusun yang cocok sebagai lahan investasi kehidupan yang berkelanjutan, sehingga kami mencanangkan program ini untuk warga Desa Karanganyar,” ujarnya.
Penanaman pohon tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni; hari pertama Rabu (25/10) penanaman dilakukan di Dusun Demungan, Dusun Lendoh dan Dusun Karanganyar. Selanjutnya hari Kamis (26/10) dilaksanakan di Dusun Gentan, Dusun Ngagrong dan Dusun Bendosari. Aksi penanaman berkolaborasi dengan kepala dusun dan warga setempat.
“Pemuda seperti kami perlu turut andil besar dalam konservasi lingkungan desa karena kami adalah penerus peradaban. Adanya program penanaman dari mahasiswa KKN UIN Walisongo memotivasi kami untuk terus melestarikan lingkungan desa,” ucap Yudha Cahya, salah satu anggota karang taruna.
Kepala Dusun (Kadus) Plakaran, Desa Karanganyar, Joko Suprapto menuturkan, warga desa menyambut dengan antusias terhadap program ini. Ia membeberkan, di Desa Karanganyar didominasi oleh lahan pohon karet sehingga keragaman tumbuhannya berkurang. “Dengan adanya penanaman lima jenis bibit ini, kami berharap semoga lingkungan dusun dapat terjaga terutama konservasi tanahnya,” harapnya. (Posko 10 KKN Reguler 81 UIN Walisongo/af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!