- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Memasuki masa tenang jelang pemungutan suara serentak 17 April besok, Bawaslu Kabupaten Purworejo mempersiapkan personil untuk melakukan pengawasan. Persiapan dilakukan dengan menggelar Apel Siaga Patroli Pengawasan, Jumat 12 April 2019 di lapangan Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo.

Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo, Nur Kholiq SH SThI MKn dalam membacakan sambutan Ketua Bawaslu RI, Abhan SH MH menyampaikan masa tenang merupakan satu fase krusial. “Pengawas akan diuji integritasnya, karena pengalaman sebelumnya, masa tenang banyak cenderung diwarnai kecurangan. Maka kecurangan itu perlu kita cegah bersama,” ujar Nur Kholiq.

Menurutnya pada masa tenang, pengawas Pemilu harus waspada pada peserta Pemilu yang akan melakukan serangan fajar untuk saling menjatuhkan lawan. Ia menjelaskan, praktek kecurangan dengan menyebarkan berita bohong harus ditangkal. “Khususnya di masyarakat bagian bawah. Tujuannya untuk menciptakan Pemilu yang tenang, damai, dan berintegritas,” kata Kholiq usai apel.

Kholiq menyebutkan, patroli pengawasan di masa tenang bukan sekedar pelaksanaan teknis saja. “Pengawasan pemilu di masa tenang meruapkan bentuk edukasi kepada masyarakat. Melalui pengawasan, masyarakat sebagai pemilik hajat demokrasi ini dapat memaknai bahwa Pemilu menempatkan rakyat untuk menjunjung tinggi hak pilihnya,” sebutnya.

Koordinator hukum, data, dan informasi Rinto Hariyadi, S.Sos mengungkapkan, keutuhan bangsa perlu dijaga bersama dari segala kecurangan di masa tenang. “Jajaran pengawas Pemilu perlu mewaspadai kejahatan demokrasi yang digunakan peserta untuk memenangkan kontestasi politik. Kejahatan demokrasi satu diantaranya praktik politik uang sebagai alternatif untuk mempengaruhi pemilih,” ungkapnya.

ads

Dikatakan Rinto, ada persoalan klasik yang perlu dihadapi menjelang puncak Pemilu. “Seperti Persoalan praktek politik uang kepada masyarakat dari peserta untuk memenangkan kontestasi politik. Masyarakat juga harus terlibat dan tanggap terhadap dugaan pelanggaran semacam itu,” katanya.

Sementara koordinator divisi pengawasan, humas, dan hubungan antar lembaga Anik Ratnawati, S.Pd Bawaslu Kabupaten Purworejo siap melakukan patroli pengawasan di masa tenang. “Secara teknis patroli pengawasan yang dilakukan yakni dengan memaksimalkan seluruh jajaran pengawas. Bawaslu sudah melakukan koordinasi dan membuat jadwal pengawasan untuk keliling di seluruh kecamatan dalam mengawasi Pemilu,” jelas Anik. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!