- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto selaku Direktur Latihan (Dirlat) Latihan Armada Jaya ke-37 Tahun 2019 menjabat Komandan Upacara dalam Apel gelar Pasukan yang dilaksanakan di Dermaga Ujung Komando Armada II Surabaya. Bertindak penerima Apel Gelar Pasukan Latihan Armada Jaya ke-37 Tahun 2019 tersebut Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

Hadir dalam Apel Gelar pasukan tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantararanya para Asisten Kasal, para Pangkotama TNI AL dan para Komandan satuan dan KRI yang terlibat dalam pelaksanaan latihan Armada Jaya ke-37 tahun 2019.

Kepala Staf Angkatan laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dalam sambutanya menyampaikan apabila dicermati saat ini banyak negara di luar yang menerapkan sistem pertahanan menyertakan komponen sumber daya nasional dan sumber daya manusianya sebagai pendukung sistem pertahanannya, dengan demikian sebenarnya tidak asing bagi kita sebagai prajurit TNI, karena TNI telah menerapkan sejak dulu dengan Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

ads

Menurutnya TNI sebagai komponen pertahanan negara didukung rakyat sebagai sumber daya manusia sekaligus komponen cadangan siap untuk menjaga melindungi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai dan kita banggakan sekaligus mengamankan sumber daya alam yang dimiliki.

Lebih lanjut disampaikan negara manapun didunia ini memahami bahwa pertahanan negara bukan hanya menjadi tanggungjawab angkatan bersenjata saja tetapi menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa dengan kesadaran bela negara. Sebagai prajurit matra laut harus mampu bersama-sama dengan komponen lainnya dengan sumber daya manusia lainnya untuk memperkokoh sistem pertahanan maritim semesta di masa mendatang.

Adapun dalam penyelenggaraan latihan Armada Jaya yang merupakan latihan Puncak TNI Angkatan Laut, selain bertugas untuk mengetahui kemampuan kesiap siagaan operasional juga sebagai tolok ukur keberhasilan dalam latihan.

Dalam pelaksanaan Latihan Armada Jaya ini, lanjut Kasal diawali gladi posko yan telah dilaksanakan tanggal 17 sampai 25 Juni 2019 di Kodiklatal dilanjutkan dengan gladi lapangan yang akan dilaksanakan tanggal 10 sampai tanggal 16 juni 2019, untuk itu apel gelar kesiapan ini pimpinan TNI Angkatan Laut ingin melihat secara langsung kesiapsiagaan dalam latihan Puncak TNI Angkatan Laut yang melibatkan seluruh Alutsista yang dimiliki TNI angkatan laut.

Pelaksanaan Manlap melibatkan 6.534 personil yang tergabung dalam Kopgasgab, Kogaslagab, Kodasgabfib, dan Kogasratmin serta empat satuan tugas dukungan yaitu Satgasduk informasi, Satgasduk kesehatan, Satgasduk teritorial dengan daerah latihan Laut Jawa , Asembagus Situbondo.(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!