- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) – Komandan Pusat Pendidikan Pelaut (Danpusdikpel) Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut (Kodiklatal) Kolonel Laut (P) Tunggul secara resmi membuka Pendidikan Lanjutan Bintara (Diklaba) TNI AL  Tahun 2019 Korps Pelaut yang dilaksanakan di lapangan Apel Sekolah Senjata Bawah Air (Sesenbar) Kesatrian Bumimoro, Kodiklatal, Surabaya.

Pendidikan yang akan berlangsung selama 3,5 bulan tersebut diikuti 9 orang Bintara dengan rincian 3 orang berpangkat Serma, satu orang berpangkat Serka dan 5 orang berpangkat Sertu. Adapun ke sembilan bintara terebut selanjutnya akan menempuh pendidikan di empat sekolah dibawah Pusdikpel antara lain Sekolah Navigasi dan Bahari (Senavbah), Sekolah Komunikasi Angkatan Laut (Sekomal), sekolah Artileri (Seart) dan Sekolah Senjata Bawah Air (Sesenbar).

Hadir dalam pembukaan Diklaba tersebut para pejabat utama Kodikopsla dan para Komandan Sekolah dijajaran Pusdikpel diantarnya Komandan Senavbah, Komandan Sesenbar, Komandan Sekomal, Komandan Seart. Selain itu hadirpula para perwira staf pusdikpel dan staf sekolah dijajaran pusdikpel.

ads

Komandan Pusdikpel Kodikopsla Kodiklatal Kolonel Laut (P) Tunggul dalam sambutanya menyampaikan bahwa program pendidikan Diklaba yang kita buka ini adalah kelanjutan dari program pendidikan yang telah dilaksanakan sebelumnya dengan tujuan mendidik dan membekali para siswa dengan ilmu pengetahuan kepelautan meliputi bidang kebaharian, navigasi  komunikasi, senjata atas air dan senjata bawah air.

Adapun sasaran yang diharapkan, selesai mengikuti pendidikan ini siswa akan menjadi bintara TNI Angkatan Laut yang berjiwa prajurit  pejuang sapta marga, memiliki kesamaptaan jasmani yang baik serta kemampuan tentang matra laut yang mumpuni dan profesional. Selain itu pula tentunya akan menjadi bekal persyaratan untuk meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi. Yaitu sebagai persyaratan utama untuk mengikuti Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa).

Kepada para siswa Pamen melati tiga dipundak ini mengucapkan selamat datang di Pusat Pendidikan Pelaut. Selanjutnya, secara khusus menekankan agar para siswa menjaga diri sebaik mungkin, melaksanakan dan mematuhi setiap aturan selama mengikuti pendidikan, menyerap dan mengembangkan kemampuan serta melaksanakan tugas sesuai fungsi dan peranan masing-masing dengan penuh semangat, motifasi dan dedikasi yang tinggi, sehingga akan menghasilkan output yang membanggakan. Tak lupa agar para siswa selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena tanpa keimanan yang kuat, tidak akan dapat berhasil dengan baik.

Sedangkan kepada para komandan sekolah beserta staf instruktur dan bingsis, Danpusdikpel Kodikopsla Kodiklatal ini mengucapkan selamat bekerja dan melaksanakan program pendidikan ini dengan penuh rasa tanggung jawab serta senantiasa memperhatikan rambu-rambu dalam operasional pendidikan dengan tetap mengutamakan keselamatan  siswa hingga pendidikan ini selesai.

Selesai pembukaan oleh Danpusdikpel dilanjutkan orientasi siswa, dengan tujuan  agar para siswa segera mengenal lingkungan, baik mako Kodikopsla, mako Pusdik Pelaut dan sekolah-sekolah di jajaran Pusdik Pelaut yang berada di wilayah ujung maupun di wilayah moro krembangan beserta para pejabat-pejabatnya. Disamping itu tujuan orientasi ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesamaptaan, kedisiplinan, kekompakan dan solidaritas serta kepekaan  para siswa terhadap lingkungan sekitar.(nald) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!