- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) – Setelah sebelumnya melaksanakan Geladi Posko dan Uji Rencana Operasi di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal), selanjutnya para peserta Latihan Operasi Dukungan Kesehatan (Latopsdukes) tahun 2019 menggelar latihan Manuvra Lapangan (Manlap) di Mako Komando Armada II (Koarmada) yang berlokasi di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya.

Latopsdukes 2019 yang melibatkan beberapa Alutsista diantaranya KRI dr. Soeharso-990, KRI Makassar-590, 1 LCU, 1 Heli Bell, 1 unit Hiperbarik mobile, 1 unit dekontaminasi mobile, 1 unit mobil kawal, 1 unit Ambulan dari instansi militer maupun non militer dan 2 unit mobil kereta merta tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal)  Laksamana Pertama TNI Dr. IDG Nalendra, Sp.B., Sp.BTKV.

Disela sela pelaksanaan Latihan Kadiskesal Laksamana Pertama TNI Dr. IDG Nalendra, Sp.B., Sp.BTKV. menyampaikan bahwa Latopsdukes 2019 ini melibatkan 247 personel Kesehatan dan pendukung baik dari TNI AL yang berasal dari unsur laut, udara, Marinir dan darat serta satuan/instansi non TNI yang berada di Wilayah Surabaya. Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan unsur-unsur  kesehatan dalam melaksanakan operasi dukungan kesehatan pada Operasi Gabungan TNI.

ads

Hal ini sesuai dengan tema latihan yaitu Dinas Kesehatan Angkatan laut melaksanakan Latihan Operasi Dukungan Kesehatan di Surabaya dan sekitarnya dalam rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut dan TNI

Menurutnya dalam Latopsdukes selain instansi TNI AL, TNI AD dan TNI AU juga melibatkan instansi non TNI seperti : Dinkes Kota Surabaya, KKP tingkat I Surabaya, RS Bhayangkara Surabaya, RSU Haji Surabaya, RS PHC Surabaya, RS Darmo, RS Unair, PMI Surabaya dan RSUD dr. Soewandi.

Dari Latihan ini diharapkan para peserta menguasai materi latihan diawali dari pembuatan produk latihan dalam bentuk Renlat atau Renrinci serta menguaai prosedur dan pelaksanaan dalam kegiatan Inteligen medis, Dukkes penanganan Nubika, evakuasai medis laut, darat dan udara serta penanganan korban akibat penyelaman pada operasi Gabungan TNI dalam latihan Operasi dukungan kesehatan.(nald) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!