- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewanti-wanti empat kabupaten di Provinsi Jawa Tengah untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana gempa Megathrust dan ancaman tsunami berskala besar di wilayah pesisir selatan.

Empat kabupaten tersebut meliputi Cilacap, Kebumen, Purworejo serta Wonogiri. Gempa bumi megathrust serta tsunami berpotensi menghantam empat kabupaten tersebut.

Staf Operasional BMKG Banjarnegara, Yusuf Nur Perkasa menjelaskan kekuatan gempa megathrust diperkirakan bisa mencapai 8,7 magnetudo. Gempa tersebut dapat memicu terjadinya tsunami dengan ketinggian maksimal 17 hingga 18 meter.

“Kami sudah melakukan permodelan antisipasi terburuk gempa megathrust kekuatanya bisa mencapai 8,7 magnetudo dan ketinggian tsunami mencapai 17 hingga 18 menit,” kata Yusuf di Purworejo, Senin (29/4).

Di Kabupaten Purworejo ada tiga kecamatan yang masuk dalam zona merah yakni Kecamatan Purwodadi, Ngombol serta Kecamatan Grabag. Mitigasi bencana serta upaya peningkatan kesiapsiagaan di tiga kecamatan tersebut harus terus dilakukan.

ads

Tahun ini BMKG Banjarnergara akan melaksanakan kegiatan sekolah lapang bencana gempa dan tsunami di Kecamatan Ngombol. Kegiatan tersebut bermaksud untuk mengedukasi masyarakat di zona merah agar lebih siap jika bencana tersebut terjadi.

Pada kesempatan yang sama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo, Haryono mengajak seluruh pemangku kepentingan bersinergi menghadapi isu bencana megathrust.

“Dalam rangka mengurangi risiko bencana, kita semua harus bersinergi. Bukan hanya BPBD, seluruh komponen termasuk masyarakat harus berkolaborasi dalam menghadapi bencana,” kata Haryono

Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) pada Senin (29/4) dilaksanakan simulasi kesiapsiagaan di SMP Negeri 2 Purworejo. Dalam simulasi tersebut para guru serta siswa diberikan edukasi sekaligus mengaplikan upaya penyelamatan saat bencana gempa bumi terjadi.

“Ini sebagai edukasi, karena kita hidup di daerah rawan bencana. Kita harus tahu persis bagaimana karakter bencananya juga harus tahu bagaimana caranya menyelamatkan diri,” sebut Haryono.

Belajar dari peristiwa serta kajian mitigasi bencana gempa dan tsunami yang terjadi daerah lain para korban dari bencana tersebut rata-rata anak sekolah. Selain SMP Negeri 2, pihaknya akan bekerjasama dengan sekolah lain untuk melaksanakan kegiatan simulasi yang sama.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!