- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Memperingati Milad ke-55, Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) menggelar Sidang Terbuka Senat dengan agenda Laporan Tahunan Rektor dan Orasi Ilmiah di Ruang Seminar Kampus 3 UMP, Selasa (24/9). Dalam kesempatan itu, UMP memberikan penghargaan kepada tiga orang dosen berprestasi.

Ketiganya yakni Dr Suyitno MPd dengan kategori penghargaan Produktivitas Penulisan Buku Ajar, Dr Siska Desy Fatmaryanti MSi kategori penghargaan Publikasi Internasional dan Skor SINTA, serta Ir Didik Widiantono MAgr kategori penghargaan Pembimbing Program Kreativitas Mahasiswa. Penghargaan juga diberikan oleh Rektor UMP, Dr Rofiq Nurhadi MAg, kepada lima orang pegawai atau karyawan dengan masa pengabdian 30 tahun.

Dalam laporan tahunannya, Rofiq Nurhadi menyampaikan optimisme untuk kemajuan UMP ke depan. Melalui visinya “Menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam ilmu dan mulia dalam akhlak”, UMP bertekad menjadi perguruan tinggi yang unggul dan mampu beradaptasi dalam perubahan global.

“Dan secara berkelanjutan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan dalam kehidupan nyata di tengah masyarakat yang luas,” ungkapnya.

Disebutkan, capaian program kerja UMP tahun 2018/2019 mengalami banyak perkembangan. Di antaranya bidang pendidikan dan pengajaran berjalan baik dengan meluluskan 712 sarjana dengan jumlah lulusan cumlaude sebanyak 108 mahasiswa.

ads

Di bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat, terdapat 105 proposal dosen yang didanai oleh UMP. Selain itu ada 28 proposal yang memperoleh hibah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan jumlah Rp1.052.970.000.

Dalam bidang pengembangan sumber daya juga dilakukan beragam upaya, antara lain menugasi para dosen menempuh studi lanjut S3. Tahun ini jumlah dosen yang studi lanjut S3 sebanyak 4 orang sehingga jumlah keseluruhan sebanyak 21 orang.

“Pada Tahun Akademik 2018/2019 dosen yang menyelesaikan studi lanjut S3 dan memperoleh gelar Doktor sebanyak 4 orang sehingga saat ini UMP memiliki dosen dengan kualifikasi S3 sebanyak 18 orang,” sebutnya.

Dalam hal sarana dan prasarana, pada tahun ini telah diresmikan Gedung Perkuliahan Kampus 3 yang terletak di Jalan Pahlawan Km 3 Kelurahan Sucenjurutengah Kecamatan Bayan Mulai Tahun Akademik 2019/2020, gedung tersebut digunakan sebagai ruang kuliah Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial.

Selanjutnya untuk pembinaan dan pengembangan kegiataan mahasiswa, banyak prestasi berhasil diraih mahasiswa di berbagai bidang. Pada Tahun Akademik 2018/2019 ada 21 proposal PKM yang lolos seleksi dan didanai oleh Ditjen Belmawa Kemenristek Dikti dengan total dana Rp142.900.00,00. Dari 21 proposal PKM tersebut ada 3 judul yang lolos mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS) ke-32 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Udayana.

“Selain itu, ada 5 proposal Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang lolos didanai oleh Ditjen Belmawa,” tandasnya.

Ketua Panitia MIlad ke-55 UMP, M Taufiq MT, menjelaskan bahwa Sidang Terbuka Senat menjadi resepsi Milad. Selain Laporan Tahunan Rektor, resepsi juga diisi Orasi Ilmiah berjudul “Peran Probiotik pada Daging dan Susu” dengan pembicara Dr Roisu Eny Mudawaroch SPt MP, dosen tetap Prodi Peternakan Fakultas Pertanian UMP.

“Rangkaian Milad sudah kita mulai dengan Pawai Taaruf pada Sabtu kemarin diikuti 1.300 peserta, terdiri dari mahasiswa baru, dosen, pegawai, dan BPH. Setelah ini akan dilanjutkan dengan kompetisi olahraga untuk intern UMP dan tingkat pelajar se-Kabupaten Purworejo,” jelasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!