- iklan atas berita -

METROTIMES, TEMINABUAN (PAPUA BARAT) – Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Papua Barat mengikuti Lomba Esai pertama  di Kabupaten Sorong Selatan yang dilakukan oleh Ikatan Mahasiswa Sorong Selatan (IMHASS) Makassar pada tanggal 9 September 2020.

Acara lomba Esai pertama kali yang dilakukan oleh pemikir muda Papua Barat dengan tema “Papua Beragam Berbagai Ketimpangan” yang artinya Papua ingin bersaing dengan yang lain kata salah satu tokoh muda Sorsel dari  Ikatan Mahasiswa Sorsel (IMHASS) Makassar Abdul Jaelani Aris di Pasar Ampera, Teminabuan kepada awak media.

Kegiatan Lomba  Esai pertama kali ini menjadi sejarah tersendiri bahwa pendidikan  sebagi motor peradaban dalam kelangsungan hidup sebagai kebutuhan yang mendesak, ujar Abdul Jailane Aris.

Kegiatan lomba Esai tingkat perma SMA sepapua barat yang telah kami laksanakan di Sorong Selatan ada berapa tahapan yang kami siapkan sampai pada kegiatan. Yang sudah kami lakukan adalah lomba pertama bersifat Administrasi  pertama pada bulan Agustus  17 Sampai dengan 30 Agustus 2020. Pada bulan yang sama juga tahapan berikutnya adalah pengumpulan Naskah atau Formulir pendaftaran calon Perserta lomba.

ads

Pengumpulan Naskah pada tanggal.1- 4 September lalu di ketahui, berapa para calon yang dianggap Lolos verifikasi Administrasi akan kami tetapkan sebagai Perserta SMA Lomba Esai tingkat pertama se- papua barat yang telah di lakukan di Sorong Selatan, ungkap Abdul.

Setelah pendaftaran SMA – SMA se-papua barat yang telah dinyatakan lolos pemberkasan dan seleksi pada acara Lomba Esai dan telah mengikuti lomba yang telah dilalukan oleh Ikatan Mahasiwa UMHAS lolos pada acara perlombaan ini telah tertera sebagai berikut :

Juara I : Andi Nurul Azizah
Asal Sekolah : SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong

Juara II :Green Virgin Massora
Asal sekolah : SMA Katolik Rajawali

Juara III : Nirmalasari
Asala sekolah : SMA Negeri 1 Teminabuan

Asti Condro Wati
Asala sekolah : SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong

Maria Antonia Matelda Rumi
Asal Sekolah : SMA Negeri 2 Kaimana

Dari hasil pembentukan tim juri lomba Esai pertama kali Papua Barat salah satu juri Muh. Rian Arisandi Z, S.Si adalah juri lomba pemenang pada beberapa lomba lomba tingkat nasional.

Pada acara lomba Esai pertama, tim yang telah mendaftar sebayak 10 Orang peserta Lomba Esai tingkat pertama se-Papua Barat, setelah diseleksi ternyata lolos pada acara pembekalan 5 Orang Perserta Lomba Esai , antara lain SMA Negeri 2 Sorsel, SMA 1, SMA 2 dari Kaimana dan SMA 2 Kota sorong

Dari 5 Anak Papua Barat yang lolos seleksi tim Juri Muh. Rian Arisandi Z, S.Si. menyampaikan bahwa mereka ini menjadi sejarah tersendiri bahwa Papua tidak tidur tetapi tetap berupaya bersaing dengan sekolah SMA yang ada di negara Republik Indonesia, sambung Rian. (Agus Semunya)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!