- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) – Pada saat memasuki perayan kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, dibeberapa tempat wilayah Jawa Timur yaitu Malang dan Surabaya telah terjadi perlakuan yang tidak menyenangkan terhadap sejumlah mahasiswa asal Papua atas tuduhanmerusak bendera merah putih dan membuangnya ke selokan pada 16 Agustus 2019 di Surabaya, Jawa Timur. Kekerasan dalam bentuk verbal dan fisik pun dialami mahasiswa Papua saat terjadi pengepungan di Asrama Papua Surabaya oleh aparat dan massa.

Pada tanggal 17 Agustus 2019, polisi bersenjata lengkap masuk ke dalam asrama dan membawa 43 mahasiswa Papua ke Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Surabaya yang disertai suara tembakan dan tindakan kekerasan. Tindakan represif juga dialami oleh mahasiswa Papua di sejumlah daerah lain seperti Malang, Ternate, Ambon dan Jayapura. Setidaknya 19 mahasiswa Papua terluka dalam kejadian tersebut, sementara lainnya ditangkap kepolisian.

Hal yang sesungguhnya naif terjadi kalau kita sebelumnya melakukan pendekatan kemanusiaan. Aparat dan pemerintah atau perwakilan masyarakat seharusnya bisa melakukan pendekatan manusiawi karena insiden kerapkali terjadi pada peristiwa Nasional. Belum lagi jeda soal isu separatis dan etnis Papua kita juga dihadapkan dengan ujaran kebencian kepada umat lain oleh Ustadz Abdul Somad yang telah mengusik telinga kita.

ads

Kami atas nama Forum Kebangsaan Jawa Timur bersikap:

  1. FKJ mendorong kepada pihak Pemerintah, TNI, POLRI serta masyarakat sipil untuk melakukan pendekatan kemanusiaan soal isu Papua.
  2. FKJ menilai pihak TNI dan Polri ikut bertanggungjawab dan mengusut tuntas dalang dari kejadian Asrama Papua di Surabaya dan Malang khususnya wilayah POLDA Jawa Timur.
  3. FKJ akan menyerukan secara luas agar seluruh masyarakat menunjukan jiwa kebangsaan dan menjaga persatuan di tengah perbedaan. Jangan terprovokasi kejadian tersebut.
  4. FKJ dalam hal ini menilai UAS sebagai seorang tokoh agama harus menjadi contoh dan tauladan yang baik. Seorang tokoh agama harus memiliki komitmen dalam Iman, Moral dan Kebangsaan. FKJ mengingatkan dan meminta UAS agar segera melakukan permohonan maaf kepada pihak yang di singgung dalam dakwahnya. (nald) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!