- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Pada generasi milenial sekarang ini, teknologi dan pembukuan sangat dibutuhkan di segala bidang terutama dalam bidang pemasaran. Kemajuan teknologi memberikan dampak yang sangat positif dalam meningkatkan penjualan, digital marketing dan pembukuan terkonsep tidak hanya bermanfaat guna membantu memasarkan produk dari pelaku bisnis dalam skala prioritas menengah ke atas. Namun, bermanfaat juga untuk mempromosikan serta mengelola produk usaha kecil dan menegah (UKM) yang ada di Indonesia khususnya Desa Menayu Kabupaten Magelang.

“Dengan memasarkan media digital, pelaku UKM dapat memasarkan produk atau brand ke dalam lingkup yang lebih luas. Dengan memanfaatkan tekhnologi ini, selain biaya yang lebih murah dan mampu mendapatkan konsumen yang lebih banyak serta pengenalan produk dalam jangkauan yang lebih luas,” ucap Leoni kepada metrotimes.news, Kamis (23/04).

PPMT yang beranggotakan Virsa Adi, Nurul, Monita, dan Leoni serta dengan Ketua Pelaksana sekaligus dosen pembimbing yaitu Dr. Wawan Sadtyo Nugroho, M.Si, Ak, CA memberikan pelatihan pada UKM yang ada di Desa Menayu yang ada di Kabupaten Magelang.

“Para pelaku UKM pada era milenial ini, sudah saatnya mengubah strategis pemasaran manual ke digital dan melakukan pembukuan yang terkonsep guna meningkatkan penjualan, memperluas pangsa pasar, dan mengelola keuangan usaha secara terkonsep” ujar Wawan Sadtyo Nugroho.

Rangkain program yang direncanakan berjalan selama dua bulan ini, dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Pelatihan yang diberikan oleh kelompok PPMT di Desa Menayu terhadap UKM meliputi cara membuat dan menggunakan digital marketing melalui sosial media, membuat desain brand yang lebih modern, dan membuat pengemasan agar lebih menarik serta menyusun laporan keuangan.

ads

Tindak lanjut berikutnya adalah melakukan pendampingan secara rutin seminggu sekali kepada pelaku UMKM berupa pelaksanakan pemasaran digital dan pembuatan laporan keuangan.

Wawan Sadtyo Nugroho menambahkan, target akhir dari program ini adalah terbentuknya konsep pemasaran digital dan pelaporan keuangan secara matang setiap UMKM.

Penerimaan pelatihan digital marketing secara resmi disampaikan oleh Arwanto selaku kepala Desa Menayu.

“Saya sangat senang dan berterimakasih dengan adanya mahasiswa yang melakukan pengabdian masyarakat di Desa Menayu karena dapat mengembangkan potensi-potensi UKM terkait pemasaran produk dan pembukuan keuangan,” ujar Bapak Arwanto.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!