- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pengurus Cabang (Pengcab) PSSI Kabupaten Purworejo bertekad membangun sepakbola Purworejo tanpa menggunakan anggaran negara. Sepakbola mandiri itu akan dikelola dengan sistem industrialisasi, dengan bentuk badan hukum perseoran terbatas.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Pengcab PSSI Purworejo Angko Setiyarso Widodo disela kegiatan seleksi pembentukan tim Ikatan Sepakbola Purworejo (ISP) U 15. “Kami menyiapkan skema konsep pembiayaan mandiri untuk membangun sepakbola Purworejo, tentunya kelak dibutuhkan lembaga yang profesional untuk tangani persiapan, pelaksanaan, dan maintenance kegiatan itu,” ungkapnya.

Menurutnya, pengembangan sepakbola profesional membutuhkan investor. Namun, Angko mengaku optimis dapat menggaetnya mengingat besarnya potensi sepakbola di Kabupaten Purworejo.

Salah satu langkah awal membangun sepakbola profesional adalah penjaringan talenta berbakat yang akan menjadi tim ISP Purworejo. “Seleksi itu sekarang dilaksanakan di Stadion WR Supratman,” tuturnya.

Sebanyak empat belas sekolah sepakbola (SSB) di seluruh wilayah Purworejo, mengirimkan pemain muda terbaiknya. Seleksi diikuti 90 talenta muda, terdiri pemain dan penjaga gawang.

ads

Pada hari pertama, PSSI mengadakan seleksi small side game, dilanjutkan VO2 Max, dan pada hari ketiga dalang game. Seluruh peserta mengikuti seleksi tiga hari, kemudian nilainya diakumulasi. “Peserta dengan nilai terbaik, berhak masuk dalam skuad ISP U 15,” katanya.

Seleksi akan menghasilkan total 23 pemain terdiri dua puluh penyerang dan bertahan, serta tiga kiper. Setelah terpilih, para pemain akan menjalani latihan rutin di Stadion WR Supratman dan training camp di Diklat Sepakbola Merden Banjarnegara. “Kami kerja sama dengan Diklat Merden dan nanti pemain muda Purworejo akan dilatih pelatih profesional berlisensi AFC,” ucapnya.

Ditambahkan, ISP Purworejo membentuk tim untuk persiapan menghadapi kompetisi KL Cup 2021 di Kuala Lumpur Malaysia. Selain kompetisi internasional, ISP U 15 Purworejo direncanakan mengikuti ajang Piala Soeratin U 15 dan Liga Siswa Indonesia Kemenpora RI. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!