- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Ada kata pepatah, Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kata atau Semboyan ini menjadi pendoman bersama bahwa kesehatan menjadi elemen penting bagi kelangsungan hidup manusia. Hal ini yang mendasari Pemerintah Kabupaten Purworejo mengambil langkah strategis melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Selain dihadiri oleh Elemen masyarakat setempat, pencanangan Germas ini juga dihadiri Kapolres Purworejo Akbp Teguh Tri Prasetyo, Perwakilan TNI Kodim 0708 Purworejo, Serta beberapa istri anggota DPRD, pemerintah Kecamatan Se-Kabupaten Purworejo, siswa dan siswi dari SMP dan SMA dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Purworejo.

Dengan kondisi hujan gerimis, ribuan masyarakat, nampak antusias mengikuti pencanangan Germas oleh Pemkab melalui Dinas Kesehatan setempat, acara berlangsung di halaman depan Pendopo Kabupaten Purworejo, Kamis (16/11/2017) pagi sekitar​ pukul 07:00 WIB.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo Kuswantoro M. Kes, menjelaskan, Germas dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif secara bersama-sama oleh seluruh elemen masyarakat termasuk di Kabupaten Purworejo.

ads

Diharapkan perilaku hidup sehat menjadi tolak ukur serta kesadaran bersama. “Meningkatkan kualitas hidup, makanya harus dimulai dari unsur yang terkecil yaitu dari lingkungan keluarga,” ungkapnya.

Dikatakan juga, Germas ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu, pihaknya berharap kesadaran dari diri sendiri dan keluarga dalam menjaga pola hidup sehat dapat dimulai dari sekarang.

Keluarga menjadi bagian terkecil dalam membentuk kepribadian. Makanya Germas ini dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok serta senantiasa memeriksakan kesehatannya secara rutin dan memelihara lingkungan.
“Karena dengan lingkungan bersih maka kesehatan kita juga akan terjamin seutuhnya,” jelasnya.

Dikatakan, “dalam kegiatan ini peserta diajak untuk senam sehat dan berebut gunungan buah, makan buah bersama dan dilanjutkan dengan cek kesehatan gratis serta donor darah, disediakan juga panggung kreasi senam untuk joget bersama-sama.” Tutup Kuswantoro.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!