- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Siswa jenjang SMK dan SMA sesuai perkembangan yang khas pada remaja sangat membutuhkan pengakuan sosial antar teman sebaya. Karena itu, berorganisasi kerap hanya menjadi kegiatan penunjang kepopuleran.

Sebagian mereka tidak menyadari bahwa aktivitas organisasi dapat mendukung prestasi akdemik jika dilakukan dengan tujuan dan proses yang baik.

Hal itu diungkapkan oleh Psikolog, Trisiwi Niprihanti SPsi, saat menjadi narasumber dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi Pengurus OSIS dan Dewan Ambalan (DA) SMK Penabur Purworejo di sekolah setempat, Minggu (28/10).

“Dalam hal ini siswa perlu memiliki konsep tujuan yang berbasis kompetensi berorganisasi dan juga prestasi sehingga memiliki kejelasan tujuan dan proses yang harus dijalani dalam berorganisasi di samping tugas utamanya. Sehingga bukan hanya sekadar popular, tapi juga menjadi anak-anak star. Berprestasi dalam Akademik juga dalam organisasi,” ungkapnya.

Di hadapan sekitar 25 pengurus OSIS dan Dewan Ambalan, Trisiwi meberikan motivasi untuk aktif berorganisasi. Namun, harus memiliki strategi yang baik sehingga dapat menunjukkan kesuksesannya di sekolah.

ads

“Seimbangkan antara belajar dan berorganisasi,” tandasnya.

Wakil Kepala Urusan Kesiswaan, Christiana Yuni Wulandari SPd, menjelaskan bahwa LDK merupakan kegiatan rutin tahunan bagi siswa yang menjadi pengurus baru OSIS dan DA. Melalui LDK diharapkan siswa mampu melakukan aktivitas organisasi dengan baik. Lebih dari itu, LDK menjadi sarana mencetak calon-calon pemimpin dari SMK Penabur Purworejo.

“Melalui LDK ini siswa kita fasilitasi untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan organisasi dan kepemimpinan,” jelasnya.

Selain materi motivasi dari Psikolog, selama menjalani LDKsiswa juga diberi bekal sejumlah materi lainnya. Antara lain pengetahuan struktur organisasi, kejurnalistikan, serta cara penulisan proposal.

“Untuk LDK tahun ini penekanan kita pada kedisiplinan. Sebagai aktivis organisasi kita harus disiplin, dimulai dari hal-hal kecil,” kata Ketua OSIS, Marcel Christian Chievo Mongkareng. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!