- iklan atas berita -

SEMARANG, metrotimes.news – Geliat mengelola sampah bagi warga Genting, RW 06 Kelurahan Meteseh Tembalang Kota Semarang kian tumbuh, hal itu dibuktikan dengan berdirinya bank sampah sami berkah. Bank sampah sami berkah yang dirintis oleh Aniqotunnafiah, S.Pd, M.Ak bersama perempuan-perempuan warga RW tersebut diresmikan langsung oleh Sekda Kota Semarang, Ir. H. Iswar Aminuddin, MT bersamaan acara jalan sehat dan senam pagi bersama dalam rangka perayaan HUT RI ke 79 tahun 2024, Minggu (25/8/2024).

Ketua bank sampah sami berkah, Aniqotunnafiah menuturkan bahwa bank sampah sudah berjalan sejak lama, 2019. Namun baru tahun ini memiliki tempat tersendiri. “Ini sudah jalan sekitar 2 tahun, asalnya dikumpulkan di rumah saya, sekarang ini sudah ada lahan sendiri,” ujarnya.

Bangunan bank sampah terbagi menjadi 2 ruang. Satu untuk gudang dan satu untuk penimbangan. Secara umum, pada area bank sampah terdiri dari tempat pengumpulan limbah organik dan anorganik. Pada limbah organik, terdapat tempat pembuatan eco enzim, pembuatan pupuk organik dan rumah maggot.

“Maggot ini belatung atau singgat ya, biasa makan limbah organik. Jenis sayuran atau buah yang busuk jadi pakan maggot, kemudian maggot menjadi pakan ayam, kotoran ayam juga jadi pakan maggot, ada juga maggot yang dijadikan pakan lele yang diintegrasikan dengan sayuran hidroponik,” paparnya.

Sekda Kota Semarang, Ir. H. Iswar Aminuddin, MT menuturkan bahwa pengelolaan sampah adalah solusi yang bijaksana. Ia pun mengapresiasi terwujudnya bank sampah di RW 05 Meteseh Tembalang ini. “Dengan terwujudnya pengolahan sampah oleh bank sampah ini merupakan solusi. Selain untuk menjaga lingkungan, juga bisa menghasilkan secara materi (Ekonomi),” ujarnya.

ads

Iswar juga mengaku senang, kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah sudah tumbuh. “Alhamdulillah ini sangat baik dan luar biasa, semoga kota Semarang menjadi lebih hebat lagi. Sebab, warga Semarang kalau tidak tahu mengelola lingkungan, maka sepuluh tahun kedepan kita tidak akan melihat kota Semarang,” terangnya.

Ketua RW 06, Suprapto mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Sebab, kata dia memacu kreativitas warga. “Terutama anak kecil untuk memperlihatkan kemampuan mereka tadi. Semoga warga bisa lebih bersatu, lebih guyup,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan peringatan HUT RI ke 79 warga RW 06, Sukandar membeberkan, kegiatan pada Agustus 2024 ini mengusung tema menjunjung tinggi soliditas demi kampung berkualitas. “Untuk memeriahkan acara ini, kami menyiapkan banyak door prize yang diundi untuk peserta, dari sabun cuci, penanak nasi, mesin cuci hingga sepeda,” terangnya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!