- iklan atas berita -
Metro Times (Semarang) – Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 telah dibuka, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo membuka Penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur ini. Ada 12 prodi yang bisa dipilih.
Humas UIN Walisongo, Astri Amanati Budiningtyas menyampaikan, ada 12 program studi yang dapat dipilih melalui jalur SNBP ini. “Calon mahasiswa bisa memilih program studi yang sesuai dengan keinginan,” ujar Astri, Rabu (17/1).
Astri membeber, program studi yang bisa dipilih di UIN Walisongo meliputi Ilmu Hukum S1 (Akreditasi B), Manajemen S1 (Akreditasi Baik), Sosiologi S1 (Akreditasi B), Ilmu Politik S1 (Akreditasi B), Gizi S1 (Akreditasi B), Psikologi S1 (Akreditasi B), Matematika S1 (Akreditasi B), Fisika S1 (Akreditasi B), Kimia S1 (Akreditasi B), Biologi S1 (Akreditasi B), Teknologi Informasi  S1 (Akreditasi Baik) dan Teknik Lingkungan  S1 (Proses Akreditasi).
Dijelaskan lebih lanjut oleh Astri, bahwa SNBP merupakan pola penerimaan calon mahasiswa baru skala nasional melalui penelusuran kemampuan dan prestasi akademik / portofolio calon mahasiswa yang diselenggarakan oleh BPPP Kemendikbud yang diikuti oleh semua Perguruan Tinggi Negeri.
Seleksi ini didasarkan pada penilaian prestasi akademik siswa menggunakan rapor dan prestasi akademik dan non akademik, tiga prestasi terbaik akan dinilai.
“Sekolah yang mendaftarkan siswanya harus memiliki NPSN dan mengisikan nomor siswa yang memenuhi syarat. Siswa yang mendaftar juga harus mendaftar SNBP dan semua registrasi. Siswa memiliki nilai rapor yang telah diisikan PDSS, memiliki prestasi akademik dan memenuhi syarat yang ditentukan masing-masing PTN,” terangnya
Jalur SNBP sudah dibuka pada 28 Desember 2023
Astri menambahkan, registrasi akun SNPMB sekolah dibuka pada tanggal 8 Januari 2024 – 8 Februari 2024. Registrasi akun SNPMB siswa dibuka pada tanggal 8 Januari – 15 Februari 2024. Pengisian PDSS pada tanggal 9 Januari – 9 Februari 2024 dan Pendaftaran SNBP pada tanggal 14-28 Februari 2024, hasil akan diumumkan pada 26 Maret 2023.
“Syarat tambahan dalam pendaftaran SNBP yaitu WNI, memiliki NIK, NISN dan rapor yang diisikan di PDSS. Tahapan SNBP meliputi pemeringkatan siswa, pengisian PDSS, pendaftaran SNBP, pemilihan prodi dan pengunggahan portofolio, seleksi dan pengumuman,” pungkasnya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!