- iklan atas berita -
Metro Times (Demak) – PIN (Pekan Imunisasi Nasional) kembali digelar oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dengan cara serentak di seluruh Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 15-18 Januari 2024.
Ibu Sumaryatun selaku bidan desa mengatakan, bahwa PIN (Pekan Imunisasi Nasional) merupakan pekan pemberian imunisasi polio yang dilakukan untuk mencegah rantai virus penyakit polio yang mengakibatkan kelumpuhan dan bersifat fatal pada anak. Pelaksanaan sub PIN polio diselenggarakan dibeberapa lokasi seperti posyandu, puskesmas dan sarana pendidikan yang dinaungi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes).
“Adapun pelaksanaan PIN ini dibersamai dengan kegiatan posyandu yang diadakan secara rutin setiap bulannya di Desa Margohayu,” ujar Sumaryatun disela pelaksanaan PIN, Selasa (16/1).
Sumaryatun menjelaskan, pelaksanaan PIN polio ini dilaksanakan pada 4 posyandu yang berada di Desa Margohayu yang bertempat di Posyandu Mulia 1, Posyandu Mulia 2, Posyandu Mulia 3, dan Posyandu Mulia 4.
“Pada tanggal 15 dan 16 Januari 2024 PIN ini dilaksanakan di Posyandu Mulia 1 dan Posyandu Mulia 2 dengan jumlah balita setiap posyandu kurang lebih 100 balita,” terangnya
Ahmad Nahrowi selaku Koordinator Desa (Kordes) Margohayu mengatakan, dirinya dan teman-teman merasa senang dengan dilaksanakannya PIN di Desa Margohayu yang bertepatan dengan pelaksanaan KKN kampusnya, sehingga dirinya bersama teman-teman KKN bisa ikut serta berkontribusi secara langsung dalam kegiatan Pekan Imunisasi Nasional di Desa Margohayu.
Ia membeberkan, kegiatan PIN ini diawali dengan registrasi oleh orang tua dari balita, dilanjutkan dengan pengukuran antropometri, pelaksanaan imunisasi polio dan pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) pada balita.
“Pelaksanaan PIN pada posyandu Mulia 1 dan Mulia 2 disambut antusias oleh warga sekitar. Banyak orang tua yang berdatangan ke posyandu setempat untuk mengikuti imunisasi polio tersebut,” pungkasnya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!