- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Satreskrim Polres Purworejo berhasil meringkus kelompok pencurian minimarket lintas provinsi. Kelompok ini beroperasi di Kabupaten Brebes, Purworejo, Sleman, Gunung Kidul dan beberapa tempat di Jawa Barat.

Kelompok Jawa Barat ini beranggotakan empat orang Nurkasan (ditahan Polres Purworejo,  Hotdy Sitinjak (ditahan di Polres Sleman), Agus Santo (ditahan Polres Gunung Kidul) dan satu orang komplotan masih buron dengan inisial LAE.

“Di Purworejo, Kelompok Jawa Barat ini melakukan pencurian di Toko Alfamart Jenar Wetan, Kecamatan Purwodadi pada Jumat (26/4) lalu sekira pukul 06.10 WIB. Mereka beraksi dengan cara memotong gembok kunci rolling door,” terang Kasat Reskrim, AKP Haryo Seto Listyawan yang didampingi Kasubag Humas AKP Siti Komariyah dalam rilis di Mapolres siang ini.

Kelompok ini merupakan spesialis mencuri di Alfamart dan Indomaret, mereka hanya mengambil barang-barang yang cepat laku seperti rokok dan susu. Mereka juga menggasak uang kontan yang ada di laci kasir.

“Dari hasil interogasi, Nurkasan mengaku bahwa komplotannya beraksi di dua Alfamart wilayah Purworejo, satu toko Alfamart wilayah Gunung Kidul (DIY) dan satu Alfamart di wilayah Sleman (DIY). Di Jabar mereka telah membobol 10 minimarket,” lanjut Haryo Seto.

ads

Kepada wartawan, Nurkasan mengaku beraksi sejak Bulan Februari 2019 lalu dan berhasil mencuri pada 8-9 minimarket. Nekatnya, mereka juga menggasak CCTV yang terpasang di toko.

“Dalam mencari mangsa, kami acak saja. Waktu lewat, ada sasaran dan kami rasa aman ya kami beraksi. Yang menjual barang-barang curian Sitinjak (tersangka yang ditahan Polres Sleman),” kata pria yang berperan sebagai sopir komplotan ini.

Dari kasus ini, Polisi menyita sejumlah barang bukti diantaranya, sebuah HP merk Vivo, uang Rp 300 ribu dan dua potong pakaian yang diduga diperoleh dari hasil kejahatan.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Nurkasan dijerat dengan pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!