Prabowo dan Jokowi. (Antara Foto)
- iklan atas berita -

Liputan6.com, Jakarta – Survei terbaru Charta Politika mengungkap elektabilitas pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) masih menggungguli Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Elektabilitas Jokowi-JK tercatat 49,2%, sementara Prabowo-Hatta hanya 45,1%.

“Temuan survei Charta, Jokowi-JK berpeluang menjaga jarak elektabilitas, sehingga berpeluang jadi pemenang. Saya prediksikan Jokowi-JK bisa unggul 4 hingga 8% dari Prabowo-Hatta. Sampai H-1, Jokowi-JK masih di atas angin, jadi sepertinya sulit dikejar,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya saat memaparkan hasil surveinya di Jakarta, Selasa (8/7/2014).

Yunarto menjelaskan, riset kali ini adalah survei opini publik skala nasional yang dilaksanakan pada 3-6 Juli 2014, melalui wawancara tatap muka (face to face interview). Populasi survei adalah seluruh warga Indonesia yang telah mempunyai hak pilih dalam pemilu atau telah berusia 17 tahun ke atas ketika survei dilakukan.

Jumlah responden pada survei ini sebanyak 1.200 orang yang tersebar di 33 Provinsi, dengan margin of error (MoE) sebesar plus minus 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.

“Sampel dipilih sepenuhnya secara acak dengan menggunakan metoda penarikan sampel acak bertingkat atau multistage random sampling dengan memperhatikan karakter urban atau rural serta proporsi antara jumlah sampel pemilih di setiap Provinsi,” terangnya.

ads

Hasil sigi Charta Politika tentang elektabilitas capres dan cawapres, lanjut Yunarto, menemukan bahwa dari sisi elektabilitas duet Jokowi-JK masih menggunguli pasangan Prabowo-Hatta. Jika Pilpres dilaksakan pada saat survei dilakukan, Jokowi-JK akan dipilih 49,2% responden. Sedangkan pasangan nomor urut 1, hanya dipilih 45,1%.

“Sisanya 5,7% belum menentukan pilihan atau menjawab tidak tahu atau tidak menjawab,” ujar Yunarto.

Menurutnya, bila melihat fakta elektabilitas 2 pasangan capres dan cawapres, Jokowi-JK berpeluang mampu menjaga jarak elektabilitas dengan rivalnya. Kansnya untuk memenangi Pilpres terbuka lebar, bahkan lebih besar ketimbang Prabowo-Hatta

Sumber :http://indonesia-baru.liputan6.com/read/2074920/survei-charta-politika-prabowo-sulit-kejar-jokowi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!