- iklan atas berita -

METROTIMES. (Fakfak) Upacara Peringatan Hari Lahor Pancasila Tahin 2019 dilaksanakan di Makodim 1803 Fakfak, dipimpin oleh Dandim 1803 Fakfak Letkol Inf Yatiman Amd (1/6).

Amanat Kepala Bandan Pembinaan Ideologi Pancasila RI ( Yudi Latief, Ph, D) yang dibacakan oleh Dandim 1803 Fakfak selaku Inspektur Upacara, menyampaikan;  “pada pagi hari ini Sabtu 1 Juni 2019, kita patut panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena pada pagi hari ini kita melaksanakan peringatan Hari Lahirnya Pancasila, sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa kondisi geografis yang memposisikan Wilayah Indonesia sebagai Negara Kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia, kesatuan gugusan pulau yang berada di antara dua samudra Pasifik dan Hindia serta di antara dua benua Asia dan Australia. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia, dan Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus diperjuangkan keberagaman kondisi geografis flora fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia tanggal 18 Agustus 1945 jadi tiga peristiwa penting merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, dengan demikian kita harapkan perdebatan tentang Kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi, yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus-menerus”.

Lebih lanjut sambutan kepala BPIP; “Melalui Peringatan Hari Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kita semua harus terus-menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai Dasar Negara Ideologi Negara dan Pandangan Dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia”.

Dalam rangkaian susunan  acara upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019, dibacakan Keputusan Presiden Repoblik Indonesia nomor 24 Tahun 2016 tentang  Penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir (Harlah) Pancasila.

Kpt. Inf Ali Anwar (Pasi Ops Kodim 1803/Fakfak), bertindak sebagai Komandan Upacara. Upacara Peringatan Hari Pancasila 1 Juni 2019 yang dihadiri 90 Orang anggota Kodim 1803 Fakfak termasuk pns/asn kodim 1803 Fakfak. Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian Bingkisan lebaran secara simbolis oleh Dandim 1803/Fakfak Lektol Inf Yatiman Amd, kepada perwakilan anggota yang ditunjuk.
《frances》

ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!