- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Deretan UMKM dengan produk berupa makanan, fashion, dan kerajinan tangan terlihat ikut memeriahkan Festival Rakyat di Balai Kelurahan Siwalankerto, Surabaya, Sabtu (3/8/2024).
Acara ini diselenggarakan oleh Petra Christian University (PCU) bersama Nutrisari DonDong. Tak hanya menjadi ajang promosi produk-produk lokal, acara ini juga menampilkan berbagai kegiatan menarik, seperti tes kesehatan gratis, senam aerobik, dan lomba makan besar.

Ketua Panitia, Trixie Nova Bella Tandijaya, S.M., M.M., dan tim dosen

Trixie Nova Bella Tandijaya, S.M., M.M., selaku Ketua Panitia menyebut bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa School of Business and Management atau SBM PCU.

“Sebelum mengikuti bazar di Festival Rakyat ini, para dosen dan mahasiswa PCU telah melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM,” terang Trixie.

“Mereka diajari tentang strategic costing dan cara memilih teknik branding serta marketing sesuai bisnis yang dijalankan,” lanjut Trixie.

ads

Menurut Trixie, Ini merupakan hasil kolaborasi tiga program yakni Branding and Digital Marketing, Hotel Management, dan Tax Accounting. Total ada sembilan dosen dari ketiga program yang terlibat, dan 44 mahasiswa PCU yang ikut membimbing UMKM.

Ada tiga mahasiswa yang ditugaskan untuk mendampingi satu UMKM. “Kurang lebih ada 15 UMKM yang ikut bazar,” kata Trixie.

Camat Siwalankerto mengunjungi stand di bazar.

Ia juga menyebut bahwa selama bazar berlangsung, para mahasiswa akan membantu UMKM dalam hal penyajian, pelayanan, promosi, dan pencatatan keuangan. Seluruh keuntungan yang diperoleh adalah milik UMKM sepenuhnya.

“Abdimas ini diharapkan dapat memberi dampak keberlanjutan ke lingkungan sosial, khususnya masyarakat di Siwalankerto. Event Festival Rakyat bersama Nutrisari DonDong ini menjadi wadah bagi UMKM untuk bisa lebih mengeksplorasi potensi-potensi yang dimiliki,” ungkap Trixie.

Lomba makan terlucu

Selain bazar UMKM, acara juga dimeriahkan dengan Lomba Kreasi Minuman Nutrisari DonDong. Edric Ferdian selaku Koordinator Sie Acara menjelaskan bahwa momen ini merupakan launching produk baru Nutrisari rasa DonDong. “Para ibu-ibu PKK Kelurahan Siwalankerto diajak untuk membuat kreasi minuman dengan produk Nutrisari DonDong,” sahutnya.

“Sekilas tentang Petra Christian University (PCU), sebuah universitas swasta yang berdiri sejak tahun 1961 bertempat di Surabaya, Indonesia. PCU memiliki fakultas-fakultas yang terkemuka di bidang pendidikan, teknologi, konstruksi, bisnis, industri kreatif, dan kedokteran,” tutupnya.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!