- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) AKBP Muhammad Purbaja SH SIK MT yang menjabat sebagai Kapolres Purworejo sejak 21 Juli 2022 mendapat jabatan baru menjadi Kapolres Demak. Kini, jabatan Kapolres Purworejo resmi disandang oleh AKBP Victor Ziliwu SH SIK MM yang sebelumnya menjabat sebagai Koorspripim Polda Jateng.

Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) telah dijalani keduanya di Mapolda Jateng pada Selasa (2/5). Selanjutnya, keduanya menjalani penyambutan dan pelepasan dengan tradisi tradisi Pedang Pora di Mapolres Purworejo, Rabu (3/5).

Penyambutan dan pelepasan diawali dengan upcara yang diikuti para pejabat utama dan anggota Polres Purworejo. Dalam kesempatan itu, AKBP Muhammad Purbaja berpesan kepada jajaran Polres Purworejo agar tetap menjaga kekompakan, baik secara internal maupun eksternal.

“Selamat kepada AKBP Victor Ziliwu, saya berpesan agar tetap menjaga kekompakan internal, dan sinergitas TNI dan Polri, termasuk Pemda, kemudian stakeholder yang lain seperti pengadilan dan kejaksaan yang tergabung dalam Forkopimda, sehingga situasi Kamtibmas di Purworejo bisa dikelola dengan baik,” katanya.

Menurutnya, selama kepemimpinannya hampir seluruh kasus dapat diselesaikan berkat kinerja dari Satreskrim Polres Purworejo. Kasus yang mendominasi menurut Purbaja adalah penipuan dan penggelapan.

ads

“Kalau catatan kriminal, hampir seluruh kasus kriminal bisa terungkap dengan baik, yang paling banyak penipuan dan penggelapan, sehingga kebijakan saya kemarin kepada Bhabinkamtibmas agar memberikan penyuluhan, pembinaan kepada masyarakat, sehingga tidak mudah tertipu, terutama masalah bisnis dan pembelian online,” jelasnya.

Selain itu, Purbaja juga memberikan kesan-kesan selama memegang jabatan Kapolres di Purworejo.

“Seluruh stakeholder, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh masyarakat banyak membantu sehingga kejadian, atau potensi gangguan keamanan bisa kita atasi bersama, sehingga situasi Kamtibmas terjaga dengan baik,” terangnya.

Sementara itu, AKBP Victor Ziliwu menyampaikan bahwa sebelum menjalani Sertijab, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kapolres lama terkait situasi di Kabupaten Purworejo.

“Sebelum sertijab, kami sudah komunikasi dengan AKBP Muhammad Purbaja. Pada intinya Polres Purworejo sampai saat ini sutuasi Kamtibmas Kondusif, dan kami akan mengikuti jejak beliau, dimana mengedepankan komunikasi, mengenai dengan penegakan hukum adalah langkah terakhir ya, tetapi apabila kita bisa membangun kerjasama, sinergitas, saya yakin Kamtibmas yang sudah dikelola dengan baik bisa kami lanjutkan,” ungkapnya.

Terkait pengamanan Kamtibmas menjelang Pemilu 2024, pihaknya mengaku akan selalu berkoordinasi dengan Polda Jateng, maupun Mabes Polri, mengingat di Purworejo terdapat 1 bakal calon presiden (Bacapres) yakni Ganjar Pranowo.

“Sementara, untuk kegiatan tahapan pemilu operasinya terpusat, jadi kita mengikuti ritme, atau tahapan yang ditentukan oleh Mabes Polri, terkait ada salah satu dari Purworejo ditetapkan Bacapres tadi, kami masih menunggu bagaimana langkah yang akan digariskan oleh Polda Jateng maupun Mabes Polri,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!