- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Ratusan personel gabungan Polres Purworejo,  TNI, dan stakeholder terkait dikerahkan untuk mengamankan masa mudik dan balik lebaran dalam Operasi Ketupat Candi 2023. Selain itu juga disiapkan 8 pos yang terdiri atas 1 pos pelayanan terpadu, 2 pos pelayanan masyarakat, dan 5 pos pengamanan.

Giat Operasi Ketupat Candi 2023 dimulai dengan Apel Gelar Pasukan yang dipimpin oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian SE MM, di Alun-alun Purworejo, Senin (17/4). Apel dirangkai dengan pengecekan pasukan dan kendaraan oleh Bupati bersama Kapolres Purworejo AKBP Muhammad Purbaja, Dandim 0708/Purworejo Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo, dan para pejabat terkait.

Pada apel tersebut juga dilakukan pemusnahan 2.300 botol minuman keras (miras), 211 knalpot brong yang merupakan hasil dari kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD). Dimusnahkan pula sejumlah barang bukti perjudian dan mercon seberat 40 Kg dengan jumlah tersangka sebanyak 13 orang.

Kapolres Purworejo menyebut Operasi Ketupat Candi 2023 dijadwalkan berlangsung sejak Senin (17/4) hingga Senin (1/5). Ada sekitar 711 personel yang akan diterjunkan untuk mengamankan Lebaran. Kendati sejumlah persiapan sudah dilakukan, diharapkan masyarakat dapat menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing.

ads

“Kami meminta agar tidak ada lagi yang menjual atau merakit mercon yang dapat mengakibatkan korban jiwa maupun kerusakan rumahnya sendiri atau rumah orang lain,” katanya.

Bagi para pemudik, Kapolres juga berpesan agar melakukan perjalanan pada siang hari jika akan melewati jalur Daendels. Hal itu karena penerangan jalan di wilayah tersebut itu masih belum maksimal.

“Bagi yang tetap akan melewati jalur Daendels pada malam hari, kami telah menyiapkan mobil patroli dengan lampu rotator yang dinyalakan disetiap 3 km,” terang Kapolres.

Bupati Purworejo saat menjadi inspektur upacara menjelaskan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2023.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H,” ungkapnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!