- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Tual ) KUMHAM MALUKU – Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo membahas eksistensi peranan Kementerian Hukum dan HAM saat melakukan audiensi ke Balai Kota Tual, Kamis (25/01).

Berhadapan langsung dengan Pj. Walikota Tual Ahmad Yani Renuat, Kakanwil menyampaikan bahwa dirinya yang begitu terpesona dengan Kawasan Wilayah Timur Indonesia ini tertarik dengan beberapa sejarah Pulau Kei yang dulunya menjadi primadona para pelaut asing yang menurutnya menjadi salah-satu alasan mengapa kehadiran Kemenkumham di Maluku Tenggara, Tual dan sekitarnya ini sangat penting untuk membersamai Masyarakat.

“Ada banyak isu yang perlu penanganan Kemenkumham di Tual, Maluku Tenggara, dan sekitarnya diantaranya Keimigrasian, Pewarganegaraan, Produk Hukum Daerah, hingga Solusi untuk menunjang pendapatan ekonomi daerah melalui layanan Hukum dan HAM,” terang Hendro Tri Prasetyo

Senada dengan Kakanwil, Pj. Walikota Ahmad Yani Renaut menuturkan bahwa status Kewarganegaraan anak hasil perkawinan campur antara WNI dan ex-crew kapal asing dimasa lampau masih menjadi permasalahan yang perlu diselesaikan bersama; Keimigrasian, Kenotariatan, dan layanan yang dapat menumbuhkan perekonomian Kota Tual tentunya perlu Kerjasama dan kolaborasi dari berbagai pihak.

Lebih lanjut, keberadaan 2 Unit Pelaksana Teknis di Kota Tual dan Kab. Maluku Tenggara juga menjadi bahasan dalam audiensi tersebut. Kerja Sama dan Kolaborasi dengan Pemerintah Kota/Kabupaten baik dari Keimigrasian dan Pemasyarakatan harus ditingkatkan mengingat berbagai hubungan timbal balik, mutualisme dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

ads

Diketahui, kedatangan Kakanwil Kemenkumham Provinsi Maluku di Balaikota Tual ini juga dalam rangka menyampaikan ungkapan terima kasih atas suport dan keterbukaan Kota Tual dalam mendukung pelaksanaan Hari Bhakti Imigrasi yang ke-74 yang pelaksanaannya di Maluku tahun ini akan terpusat di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual, esok 26 Januari 2024.

Dalam kunjungan ini, Kakanwil didampingi oleh Kadiv Keimigrasian Jayanta Surbakti, Kadiv Administrasi Slamet Pramoedji, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Ernie Nurheyanti Toelle, Kadiv Pemasyarakatan Maizar dan Kakanim Kelas IIB TPI Tual Raden Imam Jati Prabowo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!