- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Penyelenggaraan Bulan Dana PMI Kabupaten Purworejo Tahun 2023 berhasil menghimpun sumbangan sukarela sebesar Rp1.134.428.081. Jumlah tersebut melampaui target yang ditetapkan panitia, yakni Rp1,1 miliar.

Penutupan dan Penyerahan Hasil Bulan Dana PMI Kabupaten Purworejo 2023 berlangsung di Aula Kodim 0708/Purworejo, Rabu (20/12). Penyerahan secara simbolik dilakukan oleh Dandim 0708/Purworejo, Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo, selaku Ketua Panitia Bulan Dana PMI 2023 kepada Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH. Selanjutnya dana tersebut diserahkan kepada Pengurus PMI Kabupaten Purworejo yang diwakili drg Ernawan Cahyo Winardi MM. Hadir jajaran Forkopimda, Danyonif 412/BES, pengurus PMI Kabupaten Purworejo, panitia Bulan Dana PMI 2023, serta stakeholder terkait lainnya.

Dandim 0708/Purworejo dalam laporannya mengaku bersyukur atas perolehan Bulan Dana PMI tahun 2023 sesuai. Dirincinya, pendapatan yang diterima berupa sumbangan dari dinas/instansi dan masyarakat mencapai Rp1.230.428.081. Setelah dikurangi biaya operasional Rp95.000.000 dan saldo rekening yang harus ditinggal di bank Rp1.000.000, hasil bersih sebesar Rp1.134.428.081.

Perolehan dana tersebut selanjutnya dialokasikan untuk Sumbangan Wajib Bulan Dana (SWBD) ke PMI Provinsi Jateng sebesar 10 persen, yakni Rp113.442.808. Sementara untuk PMI Kabupaten Purworejo sebanyak Rp1.020.985.273.

“Pemanfaatan dana dari Hasil Bulan Dana PMI tahun 2023 akan digunakan untuk Biaya Program dan Kegiatan,” sebutnya.

ads

Program dan kegiatan tersebut, lanjutnya, antara lain kesiapsiagaan dan bantuan bencana di wilayah Kabupaten Purworejo dan sekitarnya, bantuan sosial kemanusiaan kepada masyarakat, pelayanan pertolongan pertama, pelayanan ambulans PMI, partisipasi kegiatan instansi/organisasi lain, serta pendidikan dan pembinaan bagi Palang Merah Remaja, Korps Sukarela, dan Tenaga Sukarela.

“Selain itu juga koordinasi dan humas, kegiatan pengembangan organisasi, pelestarian donor darah sukarela, dan modal kerja PMI tahun 2024,” lanjutnya.

Menurutnya, suksesnya penyelenggaraan Bulan Dana PMI ini menjadi cermin tingginya kepedulian masyarakat Purworejo. Sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi kepada semua bidang, akan disampaikan rekapitulasi Hasil Bulan Dana PMI Tahun 2023 Kabupaten Purworejo.

“Mudah-mudahan bantuan Bapak Ibu akan mendapatkan imbalan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Purworejo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung kesuksesan Bulan Dana PMI 2023. Apresiasi yang tinggi diberikan kepada segenap panitia yang telah bekerja keras penuh dedikasi sehingga dana yang terkumpul mampu memenuhi target.

“Semua itu dapat terwujud karena adanya komitmen yang kuat dari seluruh Panitia dan keluarga besar PMI Kabupaten Purworejo, dengan didukung oleh kesadaran dan kepedulian sosial yang tinggi dari segenap masyarakat,” katanya.

Menurut bupati, PMI sebagai organisasi sosial kemanusiaan mengemban misi sangat mulia, konsisten memberikan pelayanan dan membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Tidak hanya kepada masyarakat Purworejo, PMI juga aktif memberi bantuan masyarakat di daerah lain yang tengah tertimpa musibah atau bencana.

“Untuk itu, kita harus terus memotivasi masyarakat, instansi pemerintah maupun para pengusaha agar senantiasa berperan aktif dalam mendukung program PMI,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!