- iklan atas berita -

 


Metro Times (KEBUMEN) Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah akan menggelar serangkaian kegiatan menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

Beragam, kegiatan telah disiapkan termasuk agenda ditunggu warga, yakni karnaval pembangunan. Karnaval tahun ini mengambil tema “Lanjutkan Bersatu untuk Kebumen Maju” dan akan dilaksanakan pada Minggu 18 Agustus 2024. Kegiatan tersebut akan dimulai dari pukul 13:00 WIB hingga selesai.

Rangkaian hajatan HUT RI akan dimulai dengan mendengarkan siaran langsung pidato kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Agustus. Kabarnya presiden akan berpidato mengenai Rancangan Undang-undang atau RUU APBN 2025, dan Nota Keuangannya. Kegiatan itu akan dilaksanakan di gedung DPRD Kebumen secara daring.

“Selanjutnya pada Jumat malam kita melaksanakan pengukuhan dan penyerahan SK Paskibraka Tahun 2024 di Pendopo, dilanjutkan pada Sabtu dini hari 17 Agustus kita melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci di TMP,” ujar Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Senin (12/8).

ads

Lalu pada Sabtu 17 Agustus pukul 07.00 WIB akan dilaksanakan ziarah ke makam pahlawan, dilanjutkan dengan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Pendopo Kabumian. Diujung kegiatan itu akan ada pemberian remisi bagi para warga binaan Rutan Kebumen.

Masih di tanggal 17, siang setelah upacara, di Pendopo panitia pun telah mengagendakan acara pentas seni anak-anak, lalu dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera merah putih di halaman Pendopo Kabumian pada sore harinya.

“Malamnya ada resepsi dan ramah tamah Bupati dengan Paskibraka, nanti ada pemberian tali asih dan piagam penghargaan,” imbuh Bupati.

Pada Minggu 18 Agustus merupakan agenda yang paling ditunggu warga, karena pada hari itu akan digelar Karnaval Pembangunan. Kegiatan akan dimulai pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Karnaval mengambil titik start di Stadion Candradimuka dan peserta akan berjalan melintasi Jl. Kusuma, lalu ke Jl. Soekarno-Hatta hingga Alun-alun Pancasila Kebumen dan berakhir di Jl. Mayjen Soetoyo.

Peserta karnaval terdiri dari OPD, instansi milik pemerintah, instansi vertikal, rumah sakit, swasta, BUMN, BUMD, sekolah, perguruan tinggi, perhotelan, perusahaan swasta, ormas, dan organisasi keagamaan.

“Untuk Parpol dan partisannya tidak diperkenankan mengikuti Karnaval tahun ini” tandas Bupati.

Karnaval Pembangunan bakal menampilkan beragam seni dan karya artistik seperti parade Tari Lawet, Ceperan, hias dan kuda kepang, kendaran hias, drum band, atraksi bela diri, pemakaian baju adat, pengiringan benda pusaka, dan panji-panji kecamatan.

“Pendaftaran karnaval dimulai 5 Agustus sampai 15 Agustus di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.
Silakan masyarakat yang mau ikut bisa mendaftar,” tuturnya.

Usai Karnaval, keesokan harinya Pemkab Kebumen, mulai melaksanakan Peringatan Hari Jadi Kebumen yang- ke 395. Rangkaian hari jadi akan diawali dengan kegiatan ziarah ke makam para pendiri Kebumen yakni ke Makam Bodronolo, Kolopaking, dan Arumbinang pada Senin 19 Agustus 2024.

“Kita juga akan melaksanakan doa bersama dengan pembacaan Yasin Tahlil di Pendopo Kabumian bersama para alim ulama pada Selasa Malam. Rabu pagi 21 Agustus kita mengadakan upacara Hari Jadi Kebumen di Alun-alun Pancasila Kebumen,” pungkasnya.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!