- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo tahun ini akan mengucurkan anggaran senilai Rp2,5 miliar untuk mendukung pengembangan seni karawitan di sejumlah SMP serta SD di daerah tersebut.

Dukungan anggaran tersebut akan diwujudkan dalam bentuk peralatan seni berupa paket gamelan lengkap termasuk speaker aktif.

“Untuk SMP ada sebanyak tujuh sekolah yang akan memperoleh bantuan paket alat kesenian ini. Sedangkan SD ada 14 sekolah,” kata Kepala Bidang Pengelolaan dan Perizinan Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purworejo, Sigit Suryanto, Selasa (19/3/2024).

Sigit menyebut, anggaran yang dipersiapkan dalam pengadaan alat kesenian tersebut untuk SD sebesar Rp1,5 miliar. Sedangkan SMP sebesar Rp1miliar.

“Untuk SD dana sekitar Rp1,5 miliar itu untuk 14 paket gamelan. Begitu pula SMP, dana Rp1 miliar itu untuk tujuh paket. Masing-masing sekolah akan memperoleh satu paket,” katanya.

ads

Sigit memastikan pengadaan itu akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Saat ini pihaknya masih menunggu pencairan DPA. Lelang pengadaan akan dilakukan secara elektronik melalui E-Katalog.

“Kemungkinan lelang akan dibuka pada bulan April mendatang. Kami nanti akan memilih penyedia jasa melalui E-Katalog,” ujarnya.

Dia menjelaskan pengadaan ini menindaklanjuti permohonan proposal yang diajukan tujuh SMP serta 14 SD tersebut. Ini dilakukan untuk mendukung pengembangan kesenian jawa ditingkat pelajar.

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersyukur minat pelajar untuk terus nguri-nguri kebudayaan dan kesenian asli Jawa terus meningkat. Maka jika ada sekolah yang ingin mengembangkan kesenian melalui kegiatan ekstrakulikuler harus kita dukung,”ujarnya lagi.

Dia berharap dukungan yang diberikan pemerintah daerah kepada sekolah-sekolah tersebut menjadi salah satu stimulus dalam pelestarian kesenian dan kebudayan jawa bagi para pelajar.

“Kesenian khas Jawa itu sangat banyak dan beragam. Di Purworejo masih sangat terjaga termasuk seni karawitan. Minat para pelajar pun terus meningkat untuk mempelajari serta menjadi pelaku kesenian tersebut,” pungkasnya.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!