- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) RSUD dr. Tjitrowardojo Kabupaten Purworejo menyelenggarakan rapat koordinasi guna pengembangan inovasi baru yaitu Layanan Pengantaran Obat bersama PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Purworejo yang akan dilaksanakan mulai 1 Maret 2023. Rapat tersebut berlangsung di ruang direktur RSUD, Jumat (24/2/23).

Adapun layanan tersebut diberinama Program ANOMAN OKE (Antar Obat Aman Sampai TujuaN Ora lali Konseling dan Edukasi Apoteker) dimana semua stake holder yang terlibat akan memastikan bahwa obat yang diantar ke pasien tetap terjaga mutu dan keamanannya serta adanya kepastian kapan layanan antar akan sampai ke tujuan.

Metode penghantaran obat ANOMAN OKE ini dilengkapi dengan fasilitas untuk menjaga mutu dan keamanan obat bagi pasien, seperti obat-obat yang stabil disimpan dalam suhu dingin seperti insulin dan beberapa sediaan tetes mata akan dihantarkan menggunakan fasilitas coolbox yang terjaga suhunya diantara 2-8 °C.

Rakor yang dipimpin langsung Direktur RSUD dr. Tjitrowardojo Purworejo, dr. Tolkha Amaruddin, Sp.THT., M.Kes. dalam dalam sambutannya menyampaikan “Dengan Inovasi Baru Layanan Pengantaran Obat bagi Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap diharapkan dapat menyingkat waktu pasien berada di Rumah Sakit. Sehingga setelah melakukan pemeriksaan dan mendapatkan resep, pasien tidak perlu menunggu lama untuk antri obat bagi Pasien Rawat Jalan. Begitu juga bagi Pasien Rawat Inap yang sudah boleh pulang, tidak perlu menunggu terlalu lama karena obat akan di antar ke alamat pasien setelah pasien terlebih dahulu mendapat edukasi terkait penggunaan obatnya oleh Apoteker”.

Lebih lanjut Direktur menjelaskan bagi Pasien Rawat Jalan yang ingin mendapatkan layanan ini dapat mengubungi Petugas Farmasi dan mengisi formulir lengkap, selanjutnya diarahkan ke Loket Layanan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Purworejo yang berada di RSUD dr. Tjitrowardojo Purworejo guna penyelesaian administrasi.

ads

Bagi Pasien Rawat Inap alur untuk mendapatkan Layanan Pengantaran Obat adalah ketika pasien diizinkan pulang oleh dokter maka petugas akan menawarkan apakah obat yang akan dibawa pulang diantar atau tidak. Jika pasien menghendaki layanan antar maka petugas akan mendata data diri pasien untuk kemudian pasien dapat diantarkan obat pulang setelah sebelumnya mendapat edukasi penggunaan obat terlebih dahulu oleh Apoteker.

Executive Manager PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Purworejo Sigit Sutendi menyampaikan “Untuk saat ini Layanan Pengantaran Obat bisa menjangkau wilayah Purworejo dan sekitarnya. Untuk wilayah Purworejo pengantaran obat adalah H+0 sedangkan Luar Purworejo H+1. Adapun loket layanan di RSUD dr. Tjitrowardojo dibuka mulai pukul 09.00 sampai dengan 14.30 WIB. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!