- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Madrasah Tsanawiyah atau MTs Annawawi, Berjan, Purworejo mengajak para siswa yang tergabung sebagai kader Adiwiyata untuk melaksanakan gerakan bakti lingkungan. Hal ini dilaksanakan Sebagai upaya untuk menanamkan jiwa serta karakter cinta lingkungan atau hablu minal alam.

Gerakan itu diejawantahkan dalam sebuah kegiatan bersih-bersih sampah serta penanaman pohon. Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni pada Sabtu (17/8) serta Minggu (18/8).

Kepala MTs Annawawi, Muh Taufik Fauzi mengatakan pada Sabtu 17 Agustus 2024 para siswa serta menggelar aksi tanam pohon dan membersihkan sampah di area Makam Bulus dan Makam Cokronegoro. Selanjutnya pada Minggu (18/8) digelarl omba kostum maskot yang memanfaatkan limbah kertas dan plastik sebagai bahan dasar. Lomba ini dipilih sebagai perwujudan atau implementasi dari gerakan mengurangi sampah.

Sebelum kegiatan itu dilaksanakan, para guru dan siswa melaksanak tahlil bersama untuk mengirim doa kepada para masyayih.

ads

Ketua Tim Adiwiyata MTs Annawawi, Heni Astuti pada kesempatan yang sama mengatakan Gerakan Cinta dan Bhakti Lingkungan merupakan bagian dari progam kerja sekolah Adiwiyata. Ini digelar sekaligus untuk memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79.

Dalam kegiatan penanaman pohon, kader adiwiyata menanam beberapa jenis tanaman Perindang dan tanaman hias seperti Bringin Putih, Soka, melati mini dan Bougenvil.

Beti Krisnayanti, guru MTs An Nawawi selaku Koordinator Pokja Pengolahan Sampah mengutarakan Gerakan Cinta dan Bhakti Lingkungan ini perlu dilakukan terutama oleh Kader Adiwiyata MTs An Nawawi. Hal ini sebagai bentuk peduli lingkungan terutama terhadap sampah.

Ahmad Chilmi, siswa kelas 9A MTs An Nawawi sebagai, Koordinator Kader Adiwiyata merasa senang dan bangga karena bisa terlibat dalam kegiatan itu. Baginya kegiatan ini menjasi pengalaman luar biasa.i

“ Ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi kami, sehingga kami meyadari bahwa menjaga dan merawat lingkungan yakni menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya serta menjaga tanaman atau merawat pohon yang ada disekitar menjadi sangat penting guna keberlangsungan kehidupan Bumi Chilmi menegaskan.

“Lomba Kostum Maskot yang terbuat dbari limbah plastik dan kertas ini diadakan untuk mendukung madrasah kami MTs An Nawawi menuju Sekolah Adiwiyata, tujuanya supaya sampah plastik dan kertas yang ada di lingkungan madrasah termanfaatkan dengan maksimal”. Ujar Ani selaku panitia lomba.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!