- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kepolisian Republik Indonesia atau Polri rupanya memiliki banyak personel yang memiliki skill serta berbagai latar belakang profesi. Satu diantaranya adalah AKP Andre Birawa, mantan Kasat Reskim Polres Purworejo yang kini sudah ditarik ke Polda Jawa Tengah.

Tidak banyak yang tahu, Andre Birawa pernah berkecimpung di dunia artis. Anggota Polri ganteng dan masih muda itu dulu adalah seorang aktor atau bintang film. Ia pernah bermain dibeberapa judul FTV di Jakarta, Semarang dan beberapa film yang diputar di televisi nasional.

Puas penggeluti dunia hiburan selama empat tahun, pada 2012 ia memilih bergabung menjadi anggota Polri. Dalam salah satu filmnya, Andre Birawa pernah memperoleh peran sebagai seorang Kasatreskrim, kala itu Andre belum menjadi anggota Polri

“Mendapat peran itu juga melalui tahapan casting, tidak tahu kenapa sutradara memilih saya untuk berperan sebagai seorang Kasatreskrim. Ini mungkin tanda alam dan takdir Allah,” sebut Andre saat ditemui di Polres Purworejo, Selasa (24/10/2023).

Pria yang menggunakan nama Abe Birawa di dunia entertainment itu juga sempat tergabung dalam Parfi Jawa Tengah. Berbeda dengan Norman Kamaru, Andre memilih untuk menjadi anggota Polri ketimbang menjadi seorang artis.

ads

Bukan tanpa alasan, ia memilih menjadi abdi negara karena kagum terhadap Polri. Setelah lulus Kuliah dia pun memutuskan untuk mendaftar serta mengikuti pendidikan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) pada 2012.

Setelah lulus pendidikan ia mendapat tugas dan penempatan perdana di wilayah Papua pada Direktorat Reserse Narkoba Polda Papua. Tidak lama setelah itu dia ditarik ke Mabes Polri dan ditugaskan menjadi Ajudan Pejabat Tinggi Negara di Mahkamah Konstitusi.

Selanjutnya, Andre Birawa dimutasi lagi ke Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah. Sebelum ditugaskan menjadi Kasatreskrim Polres Purworejo Andre Birawa ditugaskan pada Subdit III Tindak Pidana Korupsi Ditreskrimsus Polda Jateng.

Sayangnya dalam penugasan dirinya di Polres Purworejo tidak berlangsung lama, hanya sekitar 3 bulan. Dia kembali ditarik untuk mengisi kekosongan di Polda Jateng. Di Polda ia menduduki jabatan sebagai Panit II Unit IV Subdit IV Direskrimsus.

Serah terima jabatan Kasat Reskrim Polres Purworejo telah dilaksanakan pada Selasa (24/10/2023). Dilepas Andre Birawa, Kasat Reskrim Polres Purworejo kini dijabat oleh AKP Catur Agus Yudo Praseno. Catur adalah mantan Wakasat Reskrim Polresta Surakarta.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!