- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Jumlah pemilih perempuan masih cukup dominan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Purworejo. Dominasi suara perempuan hampir terjadi di seluruh kecamatan kabupaten tersebut.

Sebagaimana diketahui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purworejo telah menetapkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) serta daftar pemilih tetap (DPT) pada Rabu (18/9). Pada Pilkada ini total DPT di Purworejo tercatat sebanyak 616.780 orang.

Pemilih laki-laki terdata sebanyak 305.917 orang sedangkan pemilih perempuan sebanyak 310.863 orang. Dominasi pemilih perempuan di Purworejo mencapai sekitar 5000 orang.

Dominasi suara perempuan terjadi di 15 dari 16 kecamatan di Purworejo. Tertinggi, dominasi kelompok perempuan terjadi di Kecamatan Purworejo dengan angka 34.813 pemilih perempuan dibanding 32.720 pemilih laki-laki.

Ketua KPU Purworejo, Jarot Sarwosambodo, Kamis (19/9) mengatakan sebelum dilakukan penetapan pada rapat pleno terbuka, daftar pemilih ini telah dilakukan rekapitulasi secara berjenjang dari tingkat desa dan kecamatan.

ads

“DPT Pilkada serentak untuk Kabupaten Purworejo sudah kita tetapkan. Jumlah DPT Purworejo sebanyak 616.780 orang. Pemilih laki-laki sebanyak 305.917 orang sedangkan perempuan 310.863 orang,” kata Sarwosambodo.

Ia mengutarakan bahwa kendati pun DPT Purworejo telah ditetapkan namun pengurangan maupun penambahan pemilih di daerah ini masih mungkin terjadi seiring pergerakan data kependudukan.

“Barangkali ada warga dari luar pindah dan menjadi warga di Purworejo atau sebaliknya. Bisa juga ada warga yang sudah masuk dalam DPT meninggal dunia, hal-hal seperti itu tentu akan kami tindaklanjuti,” sebut Jarot menjelaskan.

Menurutnya, KPU sudah dan akan terus berusaha maksimal untuk memastikan warga yang sudah memiliki hak pilih mencoblos pada pemungutan suara Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang. Pihaknya menginginkan partisipasi pemilih dalam Pilkada ini maksimal.

Ia menambahkan, ada kenaikan cukup signifikan jumlah pemilih Pilkada dari pelaksanaan Pemilu serentak Februari lalu. Pada Pemilu lalu jumlah DPT di daerah ini tercatat sebanyak 616.207 sedangkan dalam Pilkada sebanyak 616.780 orang.

“Penambahan ini terjadi seiring adanya penambahan pemilih pemula serta perpindahan masuk domisili penduduk dari luar Purworejo,” demikian kata Jarot Sarwosambodo.(tyb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!