- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) BPJS Kesehatan KC Kebumen mensosialisasikan Program Rencana Bertahap (REHAB) kepada pengunjung Pameran Purworejo Expo 2023 di komplek Art Center dan Pendopo Kabupaten Purworejo. Dalam kesempatan ini Program REHAB diperkenalkan sebagai salah satu inovasi dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk meringankan beban peserta Program JKN yang memiliki tunggakan iuran.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Dany Saputro, menyampaikan Program REHAB dihadirkan untuk menyiasati tingkat keaktifan peserta segmentasi Pekerja Bukan Penerima Upah yang masih tergolong rendah karena tingginya peserta yang menunggak membayar iuran. Hal ini juga lantaran kemampuan peserta untuk membayarkan iuran tergolong rendah khususnya pada masa pandemi covid-19.

“Hadirnya Program REHAB ini diharapkan dapat memberikan keringanan dan kemudahan bagi peserta yang memiliki tunggakan iuran untuk dapat mencicil hingga melunasinya. Tujuannya agar kartu peserta dapat kembali aktif sehingga kembali bisa merasakan manfaat Program JKN,” kata Dany (17/02).

Ia menjelaskan Program REHAB ditujukan bagi peserta menunggak iuran dengan usia tunggakan mulai dari 4 sampai dengan 24 bulan. Mekanismenya dengan melakukan pembayaran secara bertahap dengan cara mencicil dengan maksimal periode pembayaran bertahap adalah 12 tahapan.

ads

“Program REHAB sangat mudah untuk diikuti. Peserta bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN ataupun BPJS Kesehatan Care Center 165. Pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan tanggal 28 bulan berjalan kecuali bulan Februari pendaftaran sampai dengan tanggal 27,” imbuhnya.

Sementara itu langkah-langkah pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN adalah melalui fitur Rencana Pembayaran Bertahap. Pertama peserta akan mendapat informasi awal mengenai Program REHAB. Kemudian akan muncul informasi total tunggak iuran, syarat dan ketentuan Program REHAB dan simulasi tagihan pembayaran bertahap. Peserta lanjut memilih jangka waktu pembayaran bertahap dengan ketentuan minimal 2 bulan dan maksimal setengah dari total bulan menunggak. Selanjutnya muncul rencana pembayaran bertahap. Setelah peserta menyetujui maka pendaftaran berhasil.

Melalui kesempatan sosialisasi pada Pameran Purworejo Expo, Dany berharap masyarakat lebih teredukasi tentang kemudahan yang ditawarkan dalam Program REHAB bagi peserta yang menunggak iuran. Besar harapannya agar masyarakat dapat memanfaatkan Program REHAB ini.

Adapun bagi peserta JKN yang telah rutin membayarkan iuran tiap bulan, ia menyampaikan apresiasinya. Ia berharap kedepannya akan semakin banyak peserta yang sadar pentingnya membayar iuran tepat waktu untuk menjaga keaktifan kartu JKN.

“Program JKN membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat. Ayo pertahankan keaktifan kartu JKN dengan rutin membayarkan iuran tepat waktu. Memenuhi kewajiban kita dengan rutin membayar iuran adalah bentuk gotong royong kita dalam menyukseskan Program JKN,” pungkasnya.

Salah satu pengunjung Pameran yang mengikuti sosialisasi, Zakia (27) mengaku senang mendapat informasi Program REHAB dan informasi lainnya seputar Program JKN secara langsung. Menurutnya sosialisasi ini adalah langkah yang bagus untuk meningkatkan pemahanan masyarakat tentang Program JKN.

“Saya rasa Program REHAB menjadi inovasi yang sangat membantu bagi peserta JKN yang kesulitan untuk melunasi tunggakannya sekaligus. Program ini memfasilitasi peserta sehingga dapat mencicil tunggakan iurannya hingga bisa lunas dan kartu aktif kembali,” ujar Zakia.

Ia sendiri mengaku sebagai peserta JKN telah rutin membayarkan iuran tepat waktu. Meski demikian, informasi Program REHAB yang ia dapatkan menjadi hal yang layak untuk diketahui dan dipahami. Hal ini karena tidak jarang ia menemui teman atau orang di sekitarnya memiliki tunggakan iuran JKN.

“Tentunya informasi Program REHAB akan sangat berguna. Sebisa mungkin saya akan meneruskan informasi ini sehingga orang lain yang membutuhkan bisa memanfaatkannya,” lanjutnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!