- iklan atas berita -

Metro Times (KEBUMEN) Pesta Rakyat Kebumen (Perak) resmi dibuka oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pada Sabtu(23/8). Kebumen Bersholawat menjadi pembuka dalam event ini. Sholawatan itu menghadirkan Kiai Mustafid, Gus Johan Amru, dan Group Hadroh Kabumian.

Puluhan ribu warga Kebumen turut memadati Alun-alun Pancasila Kebumen untuk menyaksikan malam pembukaan Perak. Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih turut hadir, begitu pula jajaran Forkopimda, Ketua TP PKK Iin Windarti, Sekda Edi Rianto, serta pimpinan OPD.

Bupati dalam sambutanya mengatakan, Perak adalah event rakyat yang berlansung selama tiga hari mulai Sabtu 23 Agustus sampai Minggu 25 Agustus 2024. Selain pameran produk unggulan TP PKK di 26 kecamatan dan UMKM, event ini juga menghadirkan konser musik Jamrud.

“Malam ini kita buka dengan shalawat dan doa bersama. Jadi setiap event seperti halnya Perak dan Kebumen International Expo (KIE), itu pasti selalu ada shalawatannya. Karena ini menunjukan jati diri kita sebagai warga Kebumen yang Beriman dan berakhlak,” ujar Bupati.

ads

Menurut Bupati, event-event besar ini memiliki daya ungkit yang cukup kuat terhadap perekonomian masyarakat. Manfaat lain dari event ini yakni memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM dan TP PKK di semua kecamatan kepada masyarakat luas. Bupati meyakini, event ini sangat efektif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Ini terbukti pertumbuhan ekonomi Kebumen naik menjadi 5,74 persen atau tertinggi se- Jawa Tengah. Jadi dampaknya memang benar-benar ada, inilah yang harus kita tangkap. Kita harus bisa berupaya agar ekonomi semakin tumbuh, salah satunya dengan memperbanyak event,” ucapnya.

Diketahui, kegiatan Perak ini sudah berlangsung kemarin sejak Jumat pagi dengan kegiatan seminar UMKM di Pendopo Kabumian. Kemudian siangnya ada tarian tradisional yakni Ebeg atau kuda kepang, dan opening dilaksanakan pada malam harinya.

Dengan mengambil tema PKK Peduli UMKM, Perak menyediakan 150 stand untuk 26 perwakilan TP PKK kecamatan dan 217 UMKM. Selain pameran, juga diadakan kegiatan Fashion Show dari TP PKK, barongsai, kemudian Konser Musik bersama Jamrud pada Sabtu malam 24 Agustus.

Di hari terakhir, Minggu 25 Agustus akan ada kegiatan senam pagi dengan KORMI, lalu Gebyar PAUD, dan Perlombaan Barberfest.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!