- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purworejo pada tahun 2023 mampu menuntaskan seluru proyek dengan nilai kontrak mencapai Rp68,13 miliar. Pada tahun 2024, pengerjaan akan dimulai lebih awal untuk mengoptimalkan serapan anggaran.

Kepala Dinas PUPR Purworejo, Suranto mengatakan pada 2023 pihaknya mengerjakan sebanyak 106 subkegiatan. Seluruhnya selesai tepat waktu baik di bidang Bina Marga, Cipta Karya maupun Sumber Daya Air.

Kendati seluruh proyek tuntas namun realisasi keuangan di tahun lalu hanya 97,19 persen. Pada tahun 2023 Kementerian PU menekankan agar daerah berhemat sehingga kegiatan tidak bisa terserap harus dikembalikan ke rekening kas umum daerah (RKUD).

“Seluruh subkegiatan yang kami kerjakan selesai sebelum kontrak berakhir. Terakhir proyek pembangunan jembatan sedayu, Bankeu Pemprov Jateng sebesar Rp5,9 miliar. Telah selesai pada 19 Desember 2023,” kata Suranto, Kamis (11/1/2024).

Selain pengerjaan proyek, sebut Suranto, DPUPR juga mendapat target pendapatan melalui retribusi. Pada 2023 pihaknya mampu meraup pendapatan hingga 161,7 persen dari target yang diberikan pada tahun tersebut.

ads

“Pada 2023 kami diberi target Rp471,4 juta dan realisasinya mencapao Rp762,7 juta.Retribusi penyedotan kakus ditarget Rp40,3 juta terealisasi Rp44,2 juta. Lalu retribusi alat berat dari target Rp72 juta terpenuhi Rp97,2 juta. Selanjutnya retribusi persetujuan bangunan dan gedung (PBG) dari target Rp359 juta terealisasi Rp594,2 juta,” bebernya.

Ranto bersyukur seluruh kegiatan fisik tahun 2023 selesai, efisiensi anggaran juga berhasil dan target pendapatan pun tercapai dengan angka yang cukup signifikan. Pada tahun 2024 alokasi belanja modal di PUPR Purworejo tidak sebanyak tahun lalu.

“Pada januari ini bidang bina marga sudah mulai bekerja. Kami bekerja lebih awal supaya selesai tepat waktu dengan serapan optimal,” ujarnya.

Suranto menambahkan di 2024 kegiatan pemeliharaan jalan pun akan terus berlanjut. Sejumlah proyek irigasi dan SPAM juga akan dilaksanakan pada tahun 2024.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!