- iklan atas berita -

Metro Times (KEBUMEN) Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memenuhi janjinya kepada para penderes kelapa yakni menggelontorkan anggaran sebagai jaminan ketenagakerjaan bagi mereka. Sebagai tahap awal setidaknya sudah ada 710 penderes sah terdaftar sebagai peserta Jaminan BPJS Ketenagakerjaan dari Pemerintah Daerah.

Di obyek wisata Pantai Pecaron, Kamis (19/9), secara simbolis Bupayi menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada 10 penderes. Kegiatan ini turut dihadiri Dandim 0709 Letkol CZi Ardianta Purwandhana, Ketua TP PKK Kebumen Iin Windarti, serta para pimpinan OPD.

Bupati mengutarakan, pemberian jaminan ketenagakerjaan ini tak lain sebagai upaya perlindungan pemerintah daerah kepada para penderes ketika terjadi kecelakaan kerja atau kematian. Selama ini kehidupan para penderes ini tidak tersentuh perhatian dari pemerintah.

“Alhamdulillah hari ini bisa kita berikan untuk mereka jaminan BPJS Ketenagakerjaan. Mereka ini termasuk kelompok yang rentan kecelakaan kerja karena setiap hari harus menaiki puluhan pohon kelapa, tanpa alat pengaman yang memadai,” ujarnya.

ads

Untuk itu, pemerintah perlu memberikan jaminan menyangkut pekerjaan mereka. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan kehidupan mereka sudah mendapat jaminan asurasi dari BPJS Ketenagakerjaan yang dibayarkan oleh Pemerintah Daerah.

“Ketika bapak-bapak ini sudah tidak bisa lagi bekerja karena terjadi kecelakaan kerja atau kematian, maka dari BPJS yang akan menanggung biaya sekolah anaknya dengan mendapatkan beasiswa dan juga santunan. Itulah pentingnya asurasi karena masa depan kita semua nggak ada yang tahu,” ujarnya.

Menurut Bupati, pengelolaan APBD tidak boleh hanya terfokus pada pembangunan infastruktur semata. Pemerintah daerah perlu juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat melalui program bantuan yang berkelanjutan.

“Misalnya memberikan jaminan BPJS Kesehatan, alhamdulillah saat ini Kebumen sudah memperoleh UHC. Artinya masyarakat dijamin kesehatannya oleh pemerintah. Kemudian bantuan-bantuan lain seperti beasiswa, makanan bergizi, sembako, bantuan modal UMKM dan lain sebagainya,” tuturnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kebumen Budhi Suwanto menambahkan, saat ini para penderes yang mendapat jaminan BPJS Ketenagakerjaan baru di dua kecamatan, yakni Ayah dan Buayan. Sebab, para penderes mayoritas berada di dua kecamatan tersebut. Untuk kecamatan lain akan kembali dilakukan mulai tahun 2025.

“Di Kecamatan Ayah ada 510, di Buayan ada 200 jadi total 710. Untuk penderes di kecamatan lain menyusul di tahun 2025. Jadi ini program bertahap, dan terus berkelanjutan,” terangnya.

Pemberian jaminan BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan komitmen Bupati yang sebelumnya pernah disampaikan saat menggelar pertemuan dengan para penderes di Ayah. Mereka meminta ada jaminan dari Pemda terkait risiko pekerjaan yang mereka jalani.

“Jadi ini merupakan aspirasi dari bawah yang disampaikan para penderes kepada beliau Bapak Bupati ada pertemuan dengan masyarakat Ayah. Mereka ingin ada jaminan untuk pekerjaan mereka, dan tidak butuh waktu itu dikabulkan oleh bapak Bupati,” ucapnya.

Program Jaminan Kecelakaan Kerja sangat bermanfaat untuk memberikan perlindungan kepada pekerja dari saat berangkat, aktivitas selama bekerja hingga pekerja kembali ke rumahnya.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!