- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Rektor, dosen serta ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Selasa (7/5/2024) menggelar aksi damai dengan turun ke jalan untuk memberikan dukungan atas kemerdekaan rakyat Palestina.

Aksi damai ini semula digelar di depan Kampus, masa lalu melakukan konvoi menuju kantor DPRD Purworejo dan melakukan orasi di kantor wakil rakyat. 500 an masa terlibat dalam aksi tersebut.

“Kami tidak sendiri. Hari ini ada 172 PTMA (Perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah) menggelar aksi yang sama. PTMA se-Indonesia hari ini menggelar aksi serentak,” kata Rektor UMP, Teguh Wibowo, di sela aksi tersebut.

Dia mengutarakan aksi di gedung DPRD dilakukan untuk menyampaikan sejumlah tuntutan kepada wakil rakyat terkait perang yang kini masih terjadi di Gaza. Diharapkan aspirasi itu diteruskan hingga ke DPR RI dan pemerintah pusat.

ads

Menurutnya ada 10 tuntutan yang diajukan ke DPRD Purworejo, diantaranya kutukan terhadap Israel atas agresi militer yang dilakukan terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza. UMP juga mengecam kebijakan pemerintah Amerika Serikat, Prancis, Inggris, German serta beberapa negara sekutu lainya atas dukungan mereka terhadap Israel.

Selanjutnya, Rektor, dosen serta Mahasiswa UMP mendukung Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) untuk menghakimi Perdana Menteri Israel, Benyamen Netanyahu.

“Kami berharap aspirasi ini didengar dan dilanjutkan hingga ke pusat,” imbuhnya.

Wakil Ketua DPRD Purworejo, Fran Suharmadji saat menyambut kehadiran masa mengutarakan bahwa DPRD mendukung aksi tersebut. Ia pun menyampaikan terimakasi atas aksi damai tersebut.

“Ini merupakan kewajiban kami untuk menerima dan membawa aspirasi masyarakat. Tidak hanya nonton, ini sebagai bentuk dukungan maupun tekanan yang posistif untuk mempercepat kemerdekaan bagu Palistinq. Kita semua sangat prihatin dengan kondisi Rakyat Palestina. Ini aspurasi yang tepat. Kami selalu welcome. Kewajiban DPR menerima dan mengawal aspirasi masyarakat,” ujarnya lagi.

Menurutnya Pemerintah Indonesia melalui Menlu sudah perupaya maksimal untuk memberikan dukungan serta dorongan luar biasa untuk kemerdekaan Palestina. DPRD pun sangat mendukung upaya tersebut sebagai amanat pembukaan Undang-undang Dasar (UUD

Ia pun berpandangan bahwa aksi seperti ini harus terus dilakukan. Israel harus terus ditekan begitu pun PBB agar mengeluarkan kebijakan yang bisa menyelamatkan dan mewujudkan kemerdekaan rakyat palestina.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!