- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) TP PKK Kabupaten Purworejo melakukan inovasi pendidikan khusus bagi para ibu-ibu dengan nama Sekolah Fatimah. Sekolah ini dirintis sebagai upaya untuk menyelesaikan permasalahan dalam keluarga. Untuk pertama kalinya Sekolah Fatimah dilaksanan dengan peserta ibu-ibu, dibuka Ketua TP PKK Hj Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE di Kantor PKK Kabupaten Purworejo pada Kamis (31/3). Turut mendampingi Wakil Ketua TP PKK Dra Erna Setyowati Said Romadhon.

Dalam sambutanya Fatumah Bastian mengatakan, menjadi seorang ibu perannya sangat esensial dalam keluarga. Dengan adanya perubahan jaman, menuntut seorang ibu harus menguasai banyak hal, mulai dari menjadi garda terdepan penjaga kesehatan keluarga, pengelola keuangan, hingga memastikan pertumbuhan dan proses pembelajaran anak agar tetap berjalan dengan baik. Peran seorang ibu sangatlah penting, ibu menjadi sekolah pertama bagi anak-anaknya.

Dengan Sekolah Fatimah ini diharapkan akan menyiapkan ibu-ibu menjadi ibu ibu yang handal. ibu yang serba bisa dan tangguh dalam mengelola rumah tangga. Sehingga akan terbentuk keluarga-keluarga hebat, dengan generasi yang sehat, kuat, cerdas, kreatif dan berkarakter. Lebih dari itu untuk meminimalisir masalah-masalah dalam keluarga, juga meningkatkan ketrampilan dan pendapatan keluarga serta menurunkan angka perceraian.

Sementara itu Ketua penylenggara Siti Muflihah SSi mengatakan, Sekolah Ibu di PKK Kabupaten Purworejo bertujuan, mendidik ibu supaya bisa menjadi serba bisa, menjadi ibu yang tangguh dalam menaghadapi tantangan dan perubahan zaman. Juga untuk mengetahui ilmu sebagai seorang perempuan baik sebagai istri sekaligus sebagai ibu, sehingga dipundaknya di letakan tanggung jawab, di bahunya ada amanat pendidikan.

Dijelaskan dalam Sekolah Fatimah akan dilaksanakan dua bulan sekali di Kantor PKK dengan menghadirkan narasumber terkait. Seperti sekolah fatimah ini diawali penyampaian materi tentang Ibu hebat dalam keluarga yang narasumbernya Ketua TP PKK, dilanjut paparan dari tokoh masyarakat Drs Pram Prasetyo Achmad MM tentang materi menjadi orangtua tangguh. “Dalam sekolah ini dilaksankan dialog interaktif. Sekolah fatimah juga akan menghadirkan anggota DPRD Kabupaten Purworejo untuk menjadi narasumber pada jadwal berikutnya,” jelas Muflihah.

ads

Menurutnya, sekolah fatimah meliputi 10 materi antara lain, motivasi dan contoh baik ibu hebat, menjadi ibu tangguh, ketahanan Keluarga (8 Fungsi keluarga), Tata Laksana Rumah Tangga (Rumah sehat, ketahanan pangan keluarga,etika berpakain dll), cerdas bermedsos, Pola Asuh anak dan Remaja, kesehatan reproduksi, komunkasi efektif dalam keluarga dan menejemen konflik, pelatihan ketrampilan untuk peningkatan pendapatan keluarga, manajemen keuangan keluarga/kecerdasan finansial, pendidikan karakter dan cinta tanah air, peran DPRD dalam meningkatkan SDM (perempuan sebagai kader PKK). (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!