- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Di Kabupaten Purworejo ada seorang anak pemilik suara emas. Belum banyak yang mengenalnya, meski puluhan prestasi telah diraih. Belum lama ini ia meraih Gold Medali, Solo Singing Competition Children Category 13thn di Bali International Choir Festival.

Adalah Alya Azzahra Rizqya (11), siswi kelas VI SD Negeri Kliwonan Purworejo. Ayahnya bernama Eko Budiyanto dan sang ibu bernama Nita Dhamayanti Sari. Sejak kelas III SD ia mulai menekuni dunia vokal. Bakat itu muncul semenjak ia baru mengenal dunia pendidikan di bangku sekolah PAUD.

“Saat usia tiga tahun bakatnya sudah mulai kelihatan. Saat masuk PAUD semekin terasah. Dia suka nyanyi dari kecil, Genre apa pun dia suka,” kata Eko Budiyanto saat ditemui, Sabtu (24/8)

Eko mengatakan, Alya pernah mengungkapkan keinginanya bahwa dirinya ingin menjadi seorang penyanyi. Sebagai orang tua Eko pun sangat mendukung dan menyiapkan sarana yang dibutuhkan untuk menunjang cita-cita sang anak.

ads

“Saat itu kami tawarkan Alya untuk ikut kursus privat cokal. Keinginanya memang di situ jadi dia langsung mau,” katanya.

Eko menyebut berbagai event perlombaan telah diikuti dari antar sekolah hingga jenjang yang lebih tinggi di tingkat kabupaten. Tahun 2023 lalu ia meraih juara II pada sebuah lomba HUT TVRI di Yogyakarta. Puluhan medali dan penghargaan kini memenuhi ruang tamu rumahnya yang berada di Jl.Dewi Sartika nomor 30, Sindurjan Purworejo.

“Untuk tingkat kabupaten dia pernah dapat juara 3 dalam dua tahun berturut-turut. Bulan Juli lalu Alya berkesempatan mengikuti Bali International Choir Festival pada katagori Solo Singing usia 13 tahun. Alhamdullah berhasil membawa medali emas,” kata Eko lagi.

Eko bertekad untuk terus mendukung cita-cita putri keduanya itu. Saat ini Alya sedang persiapan untuk mengikuti event serupa di Thaiwan dan Bandung. Kursus vokal untuk Alya pun masih terus berlanjut

Tak main-main, untuk mendukung prestasi sang anak, Eko mendatangkan dua guru privat vokal dari Purworejo dan Yogyakarta.

“Alya ingin jadi penyanyi profesional. Kami senang, karena dia punya tekat dan semangat yang bagus. Kami sudah punya channel di Jakarta. Mudah-mudahan jalan terbuka untuk Alya,” ujarnya.

Selain vokal, belakangan Alya mulai tertarik dengan musik. Untuk mendukung bakatnya, Alya pun kini diikutkan dalam kursus gitar dan piano.

Pada acara Karnaval SD dan SMP yang dilaksanakan panitia HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Purworejo, Sabtu (24/8), Alya pun diarak para siswa serta guru SDN Kliwonan. Sekolah turut bangga atas prestasi yang ditorehkan anak didiknya.

Alya Azzahra Rizqya kepada sejumlah awak media mengaku senang bisa memperoleh kesempatan untuk mengikuti event, Bali International Choir Festival. Medali emas itu ia bersembahkan untuk ayah dan ibu, guru privatnya juga guru serta teman-teman di SD Negeri Kliwonan Purworejo.

Ia tak menyangka bisa terpilih sebagai champions dan berhasil membawa pulang medali emas pada ajang bergengsi itu.

Alya menceritakan, pada kategori solo singing childern yang diikuti ada hampir 100 peserta dari Indonesia dan berbagai negara. Bagi dia peserta lain pun tampil cukup sempurna dalam ajang itu.

“Awalnya deg-degan, agak minder tapi aku senang akhirnya saya yang dapat tropi juara,” sebut gadis Cilik penggemar Mahallini itu.

Sutomo, Kepala SD Negeri Kliwonan mengungkapkan rasa bangganya terhadap prestasi yang diraih Alya. Ia menilai bahwa Alya layak memperoleh penghargaan itu karena skillnya dalam bernyanyi begitu mengagumkan.

“Kami bangga sekali ini. Ini Asset yang dapat terus dikembangkan. Anak sekecil Alya sudah mengharumkan nama baik keluarga, nama baik sekolah dan nama baik Purworejo,” sebut Sutomo.

Sutomo berjanji bahwa pihak sekolah akan terus mendukung Alya untuk terus berkarir dan menorehkan prestasi.

“Kami selalu beri dispensasi terkait kegiatan belajar di sekolah. Saat dia harus latihan atau mengikuti ajang-ajang perlombaan kami pasti berikan dispensasi untuk Alya,” demikian kata Sutomo.(tyb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!